Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temukan Jawaban IPA Kelas 7 SMP yang Tepat - Uji Kemampuanmu dalam Klasifikasi Makhluk Hidup (Halaman 158 Kurikulum Merdeka)

Temukan Jawaban IPA Kelas 7 SMP yang Tepat - Uji Kemampuanmu dalam Klasifikasi Makhluk Hidup (Halaman 158 Kurikulum Merdeka)

Latihan soal IPA Kelas 7 SMP Halaman 158 Kurikulum Merdeka kali ini, mari Uji Kemampuan Kalian dalam Klasifikasi Makhluk Hidup. Tulislah urutan takson dari yang tertinggi sampai tingkatan terendah berdasarkan penjelasan narasumber Leni Nurindah, S.Pd, alumni S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Latihan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 SMP, Buku Siswa Halaman 158 Kurikulum Merdeka, merupakan kesempatan bagi adik-adik untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan selama proses pembelajaran melalui tugas menulis urutan takson dari yang tertinggi sampai tingkatan terendah dalam klasifikasi makhluk hidup.

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Tulislah urutan takson dari yang tertinggi sampai tingkatan terendah.

Jawab: Urutan tingkatan takson mulai dari yang tertinggi ke tingkat yang terendah, yaitu:

  • Kingdom (kerajaan) atau regnum (dunia)
  • Phylum (filum) atau divisio (divisi)
  • Classis (kelas)
  • Ordo (bangsa)
  • Familia (famili/suku)
  • Genus (marga)
  • Species (spesies/ jenis)

2. Jelaskan karakteristik khas dari kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.

Karakteritik khas Monera adalah prokariotik. Karakteristik khas Protista adalah eukariotik, uniseluler, tidak ada jaringan terdiferensiasi. Fungi memiliki karakteristik eukariotik, sel berupa hifa, berdinding sel dan heterotrof. Karakteristik Plantae adalah eukariotik, berdinding sel, multiseluler dan autotrof. Karakteristik Animalia adalah euakriotik, tidak berdidinding sel, heterotrof dan multiseluler.

3. Seorang siswa mengamati spesimen tumbuhan dari halaman sekolah. Karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut adalah memiliki bunga dan memiliki tulang daun yang sejajar. Bagaimanakah karakteristik lain yang dimiliki tumbuhan tersebut? Jelaskan alasan kalian.

Karena memiliki bunga dan berdaun sejajar maka termasuk ke dalam Monokotil. Karakteristik lainnya adalah akar serabut, tidak berkambium, pembuluh tersebar, perhiasan bunga kelipatan 3 dan memiliki keping biji satu.

4. Meskipun banyak organisme yang sudah diidentifikasi , para ilmuan percaya bahwa masih banyak organism yang belum teridentifikasi didunia ini. berikut adalah Contoh Organisme yang belum teridentifikasi :

Monera karena ukurannya sangat kecil sehingga sulit diamati. Selain itu, Monera bersifat kosmopolit artinya dapat hidup di berbagai tempat di dunia.

b.Bandingkan presentase organisme yang teridentifikasi kingdom Plantae dan kingdom animalia. Berikan alasan yang menyebabkan perbedaan presentase organisme yang teridentifikasi pada kingdom Animalia dan Plantae sangat jauh berbeda? 

Plantae lebih banyak teridentifikasi karena ukurannya yang lebih mudah diamati berbeda dengan Animalia yang cukup banyak anggotanya berukuran mikoskopis. Selain itu, Plantae mudah diamati karena selalu berada di daerah yang ada cahaya matahari sehingga manusia mudah menemukannya.


Posting Komentar untuk "Temukan Jawaban IPA Kelas 7 SMP yang Tepat - Uji Kemampuanmu dalam Klasifikasi Makhluk Hidup (Halaman 158 Kurikulum Merdeka)"