7 Cara SS atau Screenshot Mudah pada Komputer

Screenshot atau tangkapan monitor sebagai satu gambar yang diambil oleh netbook atau computer untuk merekam penampilan yang terlihat di monitor visual. Tetapi, beberapa orang kemungkinan masih tetap ada yang belum pahami langkah screenshot di netbook. Walau sebenarnya ada saatnya kita memerlukan screenshot dari monitor netbook untuk merekam aktivitas pada monitor itu.

Screenshot atau dikenal juga dengan panggilan screen capture bisa juga digunakan untuk tangkap kutipan video yang selanjutnya diarsipkan berbentuk photo. Ini tentu saja penting dan bisa memberikan dukungan performa kamu.

Langkah screenshot di netbook berlainan dengan screenshot pada handphone yang berkesan lebih ringkas seperti cukup dengan geser monitor dengan 3 jemari. Pada umumnya banyak orang ketahui langkah screenshot di netbook dengan memakai tombol PrintScreen di keyboard. Ada juga yang memakai beberapa program.

Dengan kuasai cara-cara screenshot di netbook, tentu saja akan memberi banyak faedah yang dapat kamu bisa. Satu diantaranya, screenshot ini menjadi bukti yang dapat dikirimkan untuk seseorang. Nach, menarik kan?

Berikut brilio.net mengumpulkan dari beragam sumber, Rabu (30/6), 8 langkah screenshot di netbook dan computer. Ditanggung gampang dan tanpa repot loh!

Tombol PrintScreen pada kata kunci memang berperan untuk screenshot. Walau triknya gampang, tetapi kita tidak bisa ambil screenshot sama sesuai ukuran monitor yang diharapkan karena tangkap monitor dengan tombol PrintScreen cuman ambil satu monitor penuh. Tombol ini automatis simpan gambar di slots copy netbook kamu. Nach, berikut langkah screenshot di netbook dan computer dengan PrintScreen:

a. Pertama membuka halaman pada netbook yang ingin kamu screenshot.

b. Selanjutnya pencet tombol PrintScreen yang ada disebelah atas kanan netbook. Sesudah memencet tombol PrintScreen memanglah tidak ada reaksi apapun. Hasil gambar screenshot akan disimpan pada clipboard dan kamu dapat mem-paste-nya.

c. Kemudian membuka pemrosesan gambar/program paint dan lekatkan screenshot (Ctrl+V). Kamu akan memperoleh penampilan screenshot dari semua monitor.

d. Setelah itu kamu dapat mengubah terlerbih dulu atau langsung bisa menyimpan, cukup dengan tentukan File > Save As.

Langkah screenshot di netbook seterusnya yakni dengan tombol Alt dan PrintScreen bertepatan. Sistem ini dipakai untuk jendela program atau program yang aktif saja, bukan full screen. Ini mempermudah karena kamu tak perlu buka aplikasi program screenshot untuk ambil gambar tertentu pada monitor. Triknya seperti berikut:

a. Tetapkan lebih dulu jendela program yang mana ingin kamu screenshot. Misalkan saja ingin screenshot monitor pada program Word . Maka lebih dulu tujukan cursor pada jendela Word, selanjutnya pencet tombol Alt+PrintScreen.

b. Sama seperti dengan pertama, membuka program Paint, lalu paste dengan click kanan > Paste atau mungkin dengan Ctrl+V.

c. Kemudian langsung bisa menyimpan.

Langkah screenshot di netbook dan computer yang gampang selanjutnya dengan memakai gabungan tombol Windows dan PrintScreen secara bertepatan. Tombol windows berada pada bagian bawah kiri keyboard, yang lambangnya persegi dengan status miring, seperti jendela. Sistem dari ke-2 tombol ini dipakai untuk tangkap halaman full screen. Cara gampangnya dapat kamu praktikkan seperti berikut:

a. Tetapkan lebih dulu jendela program yang mana ingin kamu screenshot. Misalkan ingin screenshot monitor home dari Google, selanjutnya click tombol Windows + PrintScreen secara bertepatan.

b. Gambar akan disimpan automatis di document Picture dalam netbook atau computer kamu.

c. Untuk memudahkan penelusuran gambar, kamu dapat click kanan > click Sort by > click Date.


Langkah screenshoot pada monitor netbook dan computer yang lain dengan memakai tonbol Windows + Shift + S secara bertepatan. Sistem ini cuman dapat dipakai pada netbook atau computer yang sudah memasang mekanisme operasi Windows 10 versus terkini. Triknya lumayan gampang, turuti beberapa langkahnya seperti berikut:

a. Tetapkan lebih dulu jendela program yang mana ingin kamu screenshot. Misalkan saja ingin screenshot pada monitor Dokumen . Maka lebih dulu tujukan cursor pada jendela Dokumen, selanjutnya pencet tombol Windows+Shift+S.

b. Tangkapan monitor akan disalin ke clipboard yang bisa kamu lekatkan ke program atau program lain.

c. Contoh kamu akan taruh pada jendela Picture, karena itu click jendela Pictures > click kanan > Paste atau mungkin dengan Ctrl+V. Langsung, tangkapan monitor akan disimpan pada jendela itu.

Untuk kamu pemakai piranti Microsoft Surface, screenshoot bisa dilaksanakan dengan memakai tombol fisik yakni tombol Windows dan volume turun. Sistem tangkapan monitor ini hasilkan screenshot secara fullscreen. Serupa dengan kamu dalam ambil tangkapan monitor di handphone. Beberapa langkahnya seperti berikut:

a. Tahan tombol sentuh simbol Windows pada bagian bawah monitor Surface.

b. Selanjutnya, pencet tombol volume turun fisik disebelah tablet. Monitor akan menurun sesaat karena melakukan screenshot.

c. Tangkapan monitor akan secara automatis diletakkan ke folder file Pictures > lalu tangkapan monitor.

Selainnya memakai tombol PrintScreen, lakukan screenshot di netbook bisa dilaksanakan dengan program Snipping Tool. Program ini gampang terpasang di netbook, kamu cuman perlu memasang lebih dulu. Program ini berlainan dengan memakai tombol PrintScreen di mana lakukan screenshot semua monitor penuh. Dengan program Snipping Tool secara mudah kamu dapat screenshot gambar sama sesuai ukuran yang diharapkan. Ingin tahu? Berikut beberapa langkahnya:

a. Membuka halaman yang ingin kamu screenshoot. Lantas pencet tombol Windows, tuliskan Snipping Tool dan tentukan software itu.



photo: brilio.net

b. Pada jendela Snipping Tool ada 4 model yang dapat kamu tentukan dalam menu 'New'. Yaitu Free-form snip, screenshot sama sesuai wujud yang kamu ingin. Rectangular Snip, Screenshot dengan wujud 4 segi sesui kemauan kamu. Window dan Full Screen Snip, ke-2 opsi ini mempunyai peranan yang serupa untuk screenshot satu monitor penuh.

c. Tentukan model screenshot yang kamu harapkan.

d. Seterusnya tinggal kamu gerakkan cursor sesui dengan sisi yang ingin kamu screenshot.

e. Hasil screenshot langsung akan diperlihatkan pada jendela Snipping Tool.f. Sesudah usai, kamu dapat pilih menu File > Save As. Lantas taruh di mana saja yang kamu harapkan.

Kemungkinan antara kamu kerap memakai program PhotoScape untuk mengubah photo seperti menambah tulisan pada photo atau membingkai beberapa photo jadi satu frame. Pertama tentunya kamu harus memasang program PhotoScape lebih dulu. Berikut beberapa langkahnya:

a. Pertama tentukan tempat yang ingin kamu screenshot.

b. Membuka program PhotoScape. Click icon 'Screen Capture' atau 'Menangkap Monitor'.

c. Selanjutnya akan ada kotak diskusi. Kotak diskusi ini akan memampilkan beberapa opsi yang ingin diambil seperti Tangkap Utuh Satu Monitor, Tangkap Jendela, Tangkap Tempat, dan Mengulang-ulang Tangkapan Paling akhir. Tetapkan salah satunya opsi, misalkan 'Menangkap Utuh Satu Monitor'.

d. Sesudah ambil gambar kamu dapat crop atau ubah sesenang hati dan taruh.

Program yang lain yang bisa digunakan untuk tangkap monitor namanya LightShot. Program ini dapat diterapkan pada Windows atau Mac. Program screen capture ini banyak memiliki feature simpatisan untuk ubah dan share hasil tangkapan gambar. Untuk lakukan screenshot, turuti beberapa langkah gampangnya berikut:

a. Pencet tombol Print Screen di keyboard.

b. Tentukan tempat yang ingin di-screenshot. Drag pojok dan segi editor untuk sesuaikan tempat yang ingin diambil gambarnya

c. Bila ingin lakukan koreksi, pakai tool editor untuk menambah komponen seperti pertanda panah, garis, kotak atau text.

d. Pencet tombol Save untuk simpan hasil screenshot ke netbook atau computer. Hasil gambar ini akan automatis disimpan pada folder Pictures.