Sejarah Search Engine Optimization (SEO)

Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 aleh sebuah pesan spam yang di-postng di Usenet Pada masa itu, aigoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang d sediakan oleh webmaster melalui metatag pada kode html situs web mereka Metatag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada Suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keywords) Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeningkat situs tersebut Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas. 

Larry Page dan Sergey Brin, dua orang mahasiswa doktoral ilmu komputer Stanford University, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks, berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas tiap-tiap Ink tersebut. 

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum dapat dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lan Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah padanya juga memiliki kualitas yang tinggi Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi, seperti Yahoo! atau DMOZ, dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah. 

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi , cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bag' mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha aga! situs web-nya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkm sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian 

Mesin Pencari (Search Engine)

Perusahaan atau pebisnis perorangan yang ingin  memenangkan persaingan dalam bisnis online wajib mengetahui dan memahami mesin pencari Mengapa? Karena pengunjung website terbesar yang berkunjung di website berawal dari mesin pencari. Sebuah website dengan desain yang menarik Namun tdak memilki pengunjung bukanlah website yang berkualitas Mesin pencari atau search engine adalah Program komputer yang dirancang untuk melakukan pencaran atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer yang melayani dalam suatu jaringan. 

Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia, Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut hits Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas, seperti halaman situs web, gambar dan jenis-jenis perkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu pass data ataupun direktori web. Contoh mesin pencari: 
  1. google.com 
  2. yahoo.com 
  3. msn.com 
  4. bing 
  5. ask.com
  6.  gigablast.com 

Keuntungan Melakukan SEO 

Memunculkan sebuah website atau blog (milik perusahaan ataupun pribadi, berbayar ataupun gratisan) di posisi halaman 1 hasil pencarian tidaklah mudah. Sebagaimana di dunia luring berlaku prinsip bahwa teknik pemasaran yang optimal pasti menghasilkan keuntungan yang optimal pula, demikian juga dalam dunia daring: website dapat menduduki posisi halaman mesin pencari apabila website itu telah dioptimasi. Artinya, teknik pembuatan dan pemasarannya dilakukan secara benar dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan Perusahaan atau pebisnis perorangan jika menggunakan SEO. 

Menjadi juara di Search Engine Result Page/SERP 

SEO akan membuat website berada pada posisi halaman 1 hasil pencarian (SERP) untuk pencarian kata atau pencarian  informasi yang relevan dengan konten website Ketika website dapat selalu berada pada halaman 1 hasil pencarian, website memiliki kemungkinan yang besar untuk dikunjungi pengguna internet.

Hal Ini terjadi karena kebanyakan pengguna biasanya akan melihat halaman 1 di hasil pencarian mesin pencari, yaitu dariurutan teratas (ranking 1) sampai dengan urutan terbawah (rankng 10) Pengguna akan langsung membuka website yang tertera di halaman 1 karena kata-kata kuncinya memang sesuai atau relevan dengan apa yang sedang dicarinya. Artinya, website dapat menjadi juara karena menggunakan SEO, yang berakibat posisi website selalu ada pada halaman 1 hasil pencarian dan memiliki pengunjung yang banyak. 

Menjadi website yang disukai mesin pencari (SEO friendly

Pengunjung website tidak hanya mereka yang mengetahu website Anda. Pengunjung website yang berkualitas dan unik adalah pengunjung yang membuka website Anda melalui mesin pencari. SEO akan membuat website Anda disukai pengunjung karena SEO melalui mesin pencari, yaitu melalui pemilihan kata kunci yang tepat dan relevan dalam pembuatan konten website 

Meningkatkan jumlah pengunjung dan laba 

SEO membuat calon konsumen dan konsumen merasa dimanjakan dan dipenuhi kebutuhannya karena didekatkan dengan produsen lewat hasil pencarian yang relevan. Pengguna internet, khususnya yang melakukan pencarian informasi, semakin mudah menemukan website dan berkunjung. SEO yang didukung dengan tampilan website yang berkualitas akan menambah jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, yang berdampak pada meningkatnya penjualan atau laba perusahaan. 

Meningkatkan visibilitas 

Pengunjung website dapat ditentukan segmen pasar dan wilayahnya dengan menggunakan SEO. Jika website Anda menargetkan pengunjung hanya di wilayah kota saja, maka SEO dibuat untuk mengarahkan hanya wilayah kota saja. Ketika Anda ingin menjangkau pengunjung di wilayah yang lain, itu juga dapat ditentukan dengan menggunakan SEO. Bahkan jika Anda menginginkan pengunjung dari seluruh penjuru dunia sekalipun, SEO akan membantu melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan untuk mengarahkan pengunjung. 

Meningkatkan efektivitas pemasaran 

Jika di dunia luring bisnis/pemasaran dilakukan pada saat jam kerja saja, tidak demikian halnya dengan bisnis daring. SEO membantu memasarkan produk atau jasa perusahaan dalam waktu 24 jam nonstop Artinya, ketika Anda sudah memiliki website yang berkualitas dan melakukan publikasi konten, itu juga berarti bisnis online sudah dimulai dan dilakukan setiap saat oleh website. 

Cara kerjanya sebagai berikut. Mesin pencari akan mengindeks konten website Anda. Ketika konten terambil oleh mesin pencari dan menjadi jawara pada hasil pencarian, maka pengunjung akan mengunjungi website Anda. Jika website Anda yang menjadi jawara Itu berupa penawaran atau penjualan produk, itu berarti SEO telah memainkan peran yang efektif untuk membantu pemasaran Anda selama 24 jam. 

Meningkatkan efisiensi biaya pemasaran 

Jika dalam bisnis/pemasaran luring dibutuhkan biaya yang besar, tidak demikian halnya dengan bisnis daring. Bisnis online mengurangi biaya pemasaran secara sangat signifikan, bahkan bisa tanpa biaya. SEO membantu bisnis online menjadi efisien. Mengapa efisien? Karena memanfaatkan On-Page SEO dan OffPage SEO, serta menggunakan alat-alat bantu seperti Keyword Planner, Google Trends, dan sebagainya yang tersedia secara gratis dan mudah diakses oleh siapa pun.