Pengertian Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Result Page (SERP)

Untuk memahami pengertian SEO, simaklah terlebih dahulu, Penjelasan berikut ini :

Pada pemasaran luring, cara untuk menarik konsumen agar datang dan membeli produk atau jasa adalah dengan memasang Iklan brosur, pamplet, baliho di tempat-tempat yang strategis Beberapa perusahaan juga menggunakan media koran, majalah, dan televisi untuk menawarkan produk atau jasa mereka. Artinya, perusahaan berusaha untuk menampilkan produk atau jasa mereka agar dapat dilihat oleh calon konsumen yang menjadi target pemasaran dengan memasang iklan, baik di pinggir jalan tempat strategs) media massa (koran, majalah, dan lain-lain), maupun di televisi. 

Pada bsnis online, cara untuk menarik konsumen dilakukan dengan pendekatan mesin pencari (search engine). Perusahaan harus memilki media online seperti website sebagai tempat untuk meletakkan produknya atau layanannya dalam bentuk etalase virtual (etalase yang ada di dunia maya). Kuncinya: perusahaan berupaya sedemikian rupa sehingga semakin banyak calon konsumen yang ada di dunia daring mengunjungi (visit) websitenya. Ketka jumlah pengunjung website perusahaan banyak, produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dilihat dan dinikmati oleh calon konsumen. Dengan demikian, kemungkinan produk atau jasa yang ditawarkan akan dilihat dan terjual semakin besar. 

Bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung website? Hal ini perlu diwujudkan dengan teknik Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization/SEO) atau dengan pendekatan mesin pencari. Mengapa demikian? Sebab, pengunjung website perusahaan atau pebisnis perorangan difasilitasi oleh mesin pencari. Sebelum masuk ke website, pengunjung dibantu dan diarahkan oleh mesin pencan. Maka, peran SEO dalam hal ini adalah berusaha agar website perusahaan selalu tampil di halaman 1 mesin pencari untuk pencarian informasi yang relevan. Jika website sudah berhasil berada pada halaman 1 hasil pencarian dan berada di antara 10 besar website yang ditemukan mesin pencari, peluang website perusahaan untuk dikunjungi akan semakin besar. 

Dengan kata lain Website perusahaan harus terindex oleh mesin pencari, atau konten website  harus dibuat sedernikian rupa sehingga kata kunci yang dibutuhkan oleh pengguna ada di mesin pencari Walaupun website perusahaan sudah dibuat dengan desain yang menarik tapi kalau tidak terindeks atau mesin pencari tidak mengenalnya, website tersebut tidak akan banyak pengunjungnya 

Pentinynya website berada pada halaman 1 hasil pencanan dilatarbelakangi kenyataan bahwa ketika pengunjung mencari informasi menggunakan mesin pencari, mereka dihadapkan pada hasil pencarian berupa 10 besar website yang sudah diperingkat yang ada di halaman 1 hasil pencarian Ketika Informasi yang dihadapkan tidak ada karena dianggap kurang relevan, umumnya pengunjung akan "pergi" dengan menuliskan kata kunci yang lain lagi, dan tidak berupaya membuka halaman 2 hasil pencarian 

SEO penting dilakukan karena dengan SEO website akan tampil di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari sehingga besar kemungkinan pengunjung akan masuk ke website Tak kalah pentingnya adalah dukungan lain, yaitu setelah pengunjung masuk ke dalam website, tersedia konten yang menarik yang tersaji melalui menu dan konten yang relevan dan lengkap Jika pengunjung sudah berhasil diarahkan dengan SEO dan mendapati sebuah website yang sesuai dengan yang diinginkan, pengunjung akan melihat, menikmati, dan merasa nyaman di website dan bahkan akan merekomendasikannya kepada orang lain Namun, jka yang terjadi sebaliknya, website tidak memiliki pengunjung karena tidak memenuhi kebutuhan pengunjung 

Dari penjelasan di atas, kita dapat merumuskan pengertian Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization) sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui mesin pencari menuju website dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari Tujuan dari SEO adalah menempatkan website pada posisi teratas (peringkat teratas atau 10 besar), atau setidaknya halaman 1 hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan Fakta menunjukkan, website yang menempati posisi teratas (halaman 1) hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi 

Sementara itu, Search Engine Result Page (SERP) adalah hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari setelah pengguna (user) menuliskan kata yang dicari (guery), baik berupa bahasa alami (natural language) maupun kata kunci (keyword) Hasil pencarian biasanya berupa daftar website (dokumen terkait) hasil pencarian yang berisi 10 besar hasil pencarian dalam halaman 1 yang telah @ peringkat oleh mesin pencari.