Jenis - Jenis Kata Kunci SEO

Kata kunci dapat dibedakan berdasarkan kata penyusunnya serta artinya. Pemilihan kata kunci dengan benar akan mampu mengarahkan pengunjung dengan tepat. Berikut ini jenis kata kunci yang harus diperhatikan agar SEO menjadi efektif. 

Kata kunci pendek (short keywords) 

Kata kunci pendek adalah kata kunci yang paling sering dituliskan pengguna mesin pencari. Dengan menggunakan kata kunci pendek, akan didapatkan. 

Jutaan hingga mulyarab fule di hasil pencarian bergantung pada trend kata kunci yang dimasukkan Hal Itu karena kebanyakan orang melihat hanya halaman 1 hasil pencarian, walaupun masih ada pilihan untuk melihat data halaman berikutnya, contoh pencarian :
  1. Bisnis Online
  2. Kaligrafi
  3. Wirausaha

Kata Kunci Panjang (Long Tail  keywords) 

sebagian besar orang atau pengguna mesin pencari masih menggunakan bahasa alami (natural) ketika menuliskan kata kunci di mesin pencari, kata kunci panjang mulai dari 3 suku kata, dan biasanya berupa kata dasar. 

Namun demikian, tidak tertutup kemingkinan menuliskan kata kunci panjang selain kata dasar.  Fakta menunjukkan hasil yang didapatkan ketika menggunakan kata kunci panjang lebih sedikit dibandingkan dengan ketika menuliskan kata kunci pendek, contoh :
  1. Materi Bisnis online
  2. Toko Buku Online
  3. Pelajatan Online Marketing

Kata Kunci Branded (Branded keywords) 

Kata kunci jenis Ini digunakan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan pengunjung media online ke website, biasanya kata kunci yang digunakan langsung menyebut Merek dagang nama produk, atau nama perusahaan. Dapat menggunakan kata kunci pendek, dapat juga menggunakan kata kunci panjang Hasil pencarian dengan model kata kunci Branded biasanya relatif sedikit, bergantung pada seberapa intens pengunjung menggunakan kata kunci tersebut, contoh : 
  1. Toko Online Glodok
  2. Toko Buku Eureka
  3. Agen Teh Botol Sosro

Produk Terkait (product related) 

Kata kunci jenis Ini digunakan perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan konsumen pada kata kunci yang tersirat dalam kata kunci tersebut sasaran utama kata kunci jenis ini adalah keluasan cakupan kata kunci untuk diarahkan ke website Kata kunci ini biasanya tidak spesifik menuju website Anda tapi terlihat sebagai kata kunci umum (sering digunakan banyak orang) Itulah sebabnya, dari hasil pencarian untuk kata kunci jenis ini akan didapatkan website dalam jumlah yang banyak, 

Persaingan untuk kata kunci ini terblaang berat, sebab banyak Perusahaan akan bersang pula dengan penyeda jasa SEO, contoh  :
  1. Jasa Bsns onlne
  2. Web Hosting Termurah
  3. Membangun Website 

Kata Kunci "Masalah" (Problem Keyword)

Saat menggunakan mesn pencari, pengguna terkadang memiliki masalah yang membutuhkan jawaban yang cepat dan murah. Ketka mengalami sesuatu yang tdak dapat atau beum dapat diselesaikan, pengguna biasanya menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan penyeleesaian. 

SEO menangkap peluang-peluang seperti ini, dan lantas membuat kata kunci yang mengarahkan para pengguna yang terkat pada suatu perusahaan atau pebisnis perorangan yang dianggap dapat menjawab permasalahannya,contoh, 
  1. Wajah berminyak
  2. Komputer lambat
  3. Mobil sering Mogok 

Kata Kunci Lokasi

Pengguna (user) sering kali menggunakan kata kunci yang mengarahkannya ke lokasi tertentu yang sedang dicarinya Biasanya, di belakang kata kunci dsebutkan nama provnsi kota, desa, dan lain sebaganya.

Penggunaa kata kunci jenis ini efektf untuk menargetkan suatu lokasi, tentunya harus ada dan akrab (familiar) di mata pengguna, hasil pencarian menggunakan jens kata kunci ini relatif  bergantung pada nama kota yang dtuju serta tingkat penggunaan internet atau mesin pencari di wilayah yang dtuju, contoh 
  1. Renta Mobil Bandung
  2. Rumah cantik di Medan
  3. Toko Buku di Makasar
  4. Tempat spa di Bali