Cara instalasi Vue JS pada Windows

vue cli, vue js tutorial, how to run vue js, vue js example, vue standalone, vue cdn, vuejs browser support, vue js project, tutorial vuejs

Pengertian Vue JS

Kali ini kita akan belajar salah satu framework javascript yang sedang populer dan banyak digunakan framework tersebut memiliki nama Gue JS.

Vue JS merupakan sebuah framework yang memiliki kemampuan Sangat baik. Pada tutorial ini anda akan mempelajari bagaimana cara instalasi Vue JS pada sistem operasi Windows serta penggunaan nya.

Mengenal Vue JS

Seperti yang sudah disebutkan diatas Vue JS merupakan library JavaScript yang dapat kita gunakan sebagai Front End atau membuat tampilan web site agar lebih menarik dan interaktif. Pada umumnya Vue JS fokus terhadap rendering dan komposisi element. Tetapi jika kita akan membangun aplikasi yang lebih kompleks, maka kita perlu melakukan instalasi tambahan berupa state manajemen, routing, template dan lainnya.

Dari tahun ke tahun Vue.js berkembang sangat pesat. Framework ini banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Adobe dan Google Padahal jika dihitung umurnya Vue JS masih baru. 


Kehadiran Vue JS dapat menjadi alternatif framework yang ringan jika kita dibandingkan dengan framework javascript yang lainnya. Sebelum belajar Vue JS diharapkan anda sudah mengenal dasa CSS, HTML dan JavaScript.

Cara Install Vue JS pada Windows

Langkah 1 : Instalasi Node JS

Instalasi Node Js, setelah node js diinstal kita akan menggunakan NPM, NPM adalah alat untuk mengatur package yang ada pada Javascript. Jika anda sudah mengenal composer pada PHP demikian juga dengan penggunaan NPM namun npm hanya menangani package Javascript.

Anda dapat mengunduh file installer Node JS Anda bisa klik . https://nodejs.org/en/download/
Kemudian pilih sistem operasi Windows anda dapat memilih 64bit atau 32bit. Jika anda menggunakan Windows 10 silahkan pilih 64Bit. silahkan lakukan porses instalasi dan tunggu sampai dengan selesai.


untuk memastikan node js telah terinstall dengan benar Selanjutnya, silahkan anda buka cmd. Caranya klik tombol windows kemudian ketik cmd pada pencarian. Setelah itu Klik kanan pada Command Prompt dan Run as Administrator. Ketik perintah berikut pada command prompt

node -v

Maka output dari perintah di atas akan muncul versi dari nodejs tersebut.

Langkah 2 : instalasi Vue JS

Sebelum melakukan instalasi ketik terlebih dahulu perintah berikut :
npm cache clean --force

Selanjutnya kita akan menginstal install Vue JS dengan perintah berikut. 

npm install -g @vue/cli

Proses instalasi membutuhkan koneksi internet. Karena proses tersebut kita akan mendownload file-file Vue JS yang ada di node js. silahkan tunggu proses instalasi sampai dengan selesai.

Langkah 3 : Membuat Project 

Kita akan langsung membuat sebuah projek baru langkah pertama proses instalasi ini silahkan masuk ke folder yang akan digunakan tempat penyimpanan projek. Boleh di Drive C atau D atau yang lainnya, yang penting mudah diingat tempat penyimpanan tersebut. Silahkan buka kembali command prompt anda kemudian untuk membuat sebuah project baru Vue JS masukan perintah berikut : 

vue create todolist

Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi pada Vue CLI. Silahkan pilih default kemudian tekan ENTER.

proses membuat project baru akan berjalan dan silahkan tunggu hingga proses selesai. Apabila berhasil akan muncul pesan diakhir baris "Successfully created project “todolist”".

Langkah 4 : Menjalankan aplikasi

Untuk menjalankan aplikasi silahkan ketikkan cd todolist kemudian ketik perintah berikut

npm run serve

Perintah tersebut akan muncul output URL yang dapat anda buka di browser. Sekian proses instalasi vue js menggunakan windows jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.

anda juga dapat membaca artikel mengenai cara instalasi vuejs di link berikut :

Mengenal VueJS