Strategi Pemasaran online Perangkat Mobile

Strategi Pemasaran online Perangkat Mobile, strategi pemasaran online shop instagram, strategi pemasaran online pdf, strategi pemasaran online
Perangkat mobile saat ini dipakai sebagian besar konsumen,Jumlah pemakainya dari waktu ke waktu pun semakin besar Keadaan seperti ini dapat dimanfaatkan perusahaan. 

Situs mobile menjadi salah satu cara pemasaran karena banyak manfaat yang akan didapatkan Pemasaran menggunakan situs mobile memiliki potensi besar untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.  Hal ini dapat terjadi jika perusahaan menggunakan strategi pemasaran mobile dengan benar

Desain Situs Responsif dan Ramah

Desain situs atau blog perusahaan didesain agar konsumen dapat melihatnya dalam berbagai platform dengan tampilan yang memudahkan dan mermanjakan konsumen.  Tampilan situs di perangkat komputer maupun perangkat mobile dibuat sama bagusnya. Tampilan perangkat mobile, seperti smartphone yang berukuran antara 3 sampa 6 inci tidak dapat menggunakan model tampilan PC atau desktop. 

Jika tampilan pada desktop lebar dan besar, tampilan smartpnone pada umumnya kecil sehinga tampilan situs harus disesuaikan.  Tampilan menu di situs mobile juga berbeda. Jika tampilan menu pada desktop dapat dilihat dari kiri ke kanan, pada situs mobile tampilan menu berubah menjadi dari atas ke bawah.

Konten Ringkas

Konten situs, khususnya artikel, dibuat dengan memperhatikan kenyamanan konsumen saat membaca. Buatlah artikel yang ringkas (300 s.d. 500 kata) tanpa mengurangi pembahasan atau pesan yang ingin disampaikan. 

Perangkat mobile dengan layar yang kecil tidak nyaman jika digunakan oleh konsumen untuk membaca tulisan dalam jumlah banyak. Hal tersebut menjemukan dan akhirnya konsumen tidak membaca konten tersebut. 

Gambar yang ditampilkan juga dibuat dalam ukuran yang dapat disesuaikan dengan perangkat mobile sehingga dapat dilihat dengan jelas tanpa harus diperbesar. 

Kombinasi tulisan yang ringkas dengan gambar pendukung akan membuat konsumen nyaman ketika membaca konten pada perangkat mobile.

Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization SEO)

Situs mobile juga harus didukung dengan pemasaran online menggunakan optimasi mesin pencari (Searcn Engine Optimization SEO). 

Pembuatan artikel dalam blog sebaiknya menggunakan riset kata kunci. Riset kata kunci dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencari atau alat lain seperti Google Adwords, Google Trends dan sebagainya.

Pembuatan artikel dengan memperhatikan kata kunci akan membantu situs mobile dalam menaikkan jumlah pengunjung yang menggunakan mesin pencari untuk masuk ke situs mobile perusahaan.

Integrasikan dengan media sosial

Situs mobile sebaiknya diintegrasikan dengan media sosial seperti Facebook, Twitter,Path dan lain sebagainya. Situs mobile yang diintegrasikan dengan media sosial akan memperluas pasar dan membuka pelanggan media online selain blog yaitu jejaring sosial.

Indonesia termasuk dalam 5 besar pengguna media sosial terbesar didunia yaitu Facebook dan Twitter. Hal ini tentu sangat potensial, pasar yang besar inilah yang membuat perusahaan harus mengintegrasikan media sosial dengan situs mobile. 

Jenis Jenis Strategi Pemasaran Mobile

perusahaan akan memakai strategi yang berbeda tergantung dari industri dan goal marketnya. Ada 7 jenis-jenis strategi pemasaran melalui perangkat mobileyang dapat di coba dalam mempromosikan produk anda.

1. Pemasaran berbasis Aplikasi (App-based Advertising)

Dalam pemasaran berbasis aplikasi ini tentu dibutuhkan aplikasi seluler. Pengiklan tidak perlu repot membuat aplikasi untuk mempromosikan produknya karena banyak layanan yang di sediakan oleh Google. Dengan memakai layanan tersebut, dapat membantu pengiklan membuat iklan seluler muncul dalam aplikasi milik pihak ketiga.

2. Pemasaran di dalam Video games (In-games Advertising)

Yang dimaskud pemasaran di dalam video games adalah iklan-iklan yang biasa muncul ketika anda sedang bermain video games. Munculnya iklan saat sedang bermain video games biasanya dalam bentuk spanduk iklan (banner pop-ups), iklan dengan gambar penuh (full-image adverts), atau bahkan iklan dalam bentuk video (video adverts). Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, video games dibuat semakin canggih dan interaktif untuk para pemainnya. Semakin bagus kualitas video games yang ada, semakin banyak peminatnya. Dengan banyaknya ketertarikan tersebut, pemasar mencoba memanfaatkan para pecinta video games dengan menyajikan penawaran khusus untuk produk atau layanan dengan iklan dalam recreation.

3. Pemasaran dengan Kode QR (Quick Response (QR) Codes Advertising)

Kode QR (Fast Responses) adalah kode batang yang dapat dibaca oleh smartphone dengan kamera. Ketika pengguna smartphone mengambil gambar kode QR, anda akan diarahkan ke satu halaman di situs net. Promosi bisnis memakai kode QR adalah kesempatan yang bagus karena saat ini hampir semua orang memiliki smartphone. Tentunya dengan memakai smartphone tersebut mereka mengingkan informasi yang instan dan akurat. Keuntungan dengan memakai kode QR adalah anda dapat mempromosikan kode QR pada produk, di jendela toko, di papan reklame, iklan TV, surat kabar, atau dimana saja.

4. Pemasaran berdasarkan Lokasi (Location-based Advertising)

Pemasaran berdasarkan lokasi adalah strategi pemasaran langsung yang memakai lokasi perangkat seluler (GPS) untuk mendistribusikan konten atau layanan berdasarkan lokasi pengguna relatif terhadap space atau bisnis tertentu. Bagaimana pemasar dapat mengetahui lokasi anda? Ketika pengguna men-donwload suatu aplikasi di smartphone biasanya akan muncul permintaan persetujuan untuk melacak lokasi anda saat itu. Pemasaran berbasis lokasi membuat asumsi tentang kebiasaan dan preferensi mereka berdasarkan lokasi mereka. Misalnya, anda dapat memakai taktik pemasaran berdasarkan lokasi untuk mengirim penawaran diskon kepada konsumen yang memasuki space fisik tertentu.

5. Pemasaran melalui Penelusuran Iklan (Search Advertisements)

Ketika anda sedang membuka Google atau web site tertentu, mungkin anda sering menemukan munculnya iklan-iklan di net tersebut. Ketika anda mengetik key phrase tertentu pada Google maka akan muncul hasil pencarian dan pula sering kali menampilkan ekstensi tambahan seperti klik untuk panggil (click-to-call) atau peta (maps).

6. Pemasaran melalui SMS/MMS

SMS merupakan konsep awal cell advertising and marketing dan masih banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis produk dan jasa hingga saat ini. Hal yang sama pula berlaku pada MMS (multimedia message service), bedanya adalah MMS dapat mengirimkan teks, foto, video, dan audio sedangkan SMS hanya dapat mengirimkan teks. Salah satu keuntungan dengan memakai SMS/MMS sebagai media promosi adalah kita dapat menargetkan tujuan promosi secara private kepada klien yang ingin di tuju. Namun harus di ingat meskipun tujuan utama SMS/MMS memudahkan kita dalam berkomunikasi, jika tujuan anda untuk mempromosikan sesuatu anda harus memakai bahasa yang sopan dan jelas.

Demikian pembahasan mengenai Strategi Pemasaran Mobile semoga bermanfaat, terimakasih.