Pengertian Search Engine dan Tips pencarian google search engine parts 1

google search tips google scholar how to search on google effectively how to use not in google search google tip google search techniques

Mungkin sekarang bukan istilah asing lagi dengan jargon "semua ada di internet". Bagaimana tidak? Mau mencari menu makanan favorit? Cari di internet. Mau pesan tiket travel, menginap di hotel, membeli sparepart otomotif atau yang lainnya? Hampir semuanya sudah tersedia informasinyva di internet. 

Pertanyaannya ialah bagaimana situs seperti bing.com melakukan pencarian terhadap keyword tertentu seperti yang Anda inginkan? 

Situs-situs yang menyediakan fasilitas pencarian kalimat atau kata-kata khusus untuk menampilkan daftar halaman web yang mendekati kontennya dengan keyword yang Anda masukkan  lakukan pencarian rhadap keyword tertentu seperti yang anda masukan sering disebut sebagai mesin pencari atau search engine.

Salah satu situs yang bekerja sebagai mesin pencari paling populer saat ini adalah google.com yang tidak hanya menyediakan fitur mesin pencarian, tetapi juga sudah melebarkan core business seperti mail, chatting, drive, maps, foto, berita, penerjemahan, kalender, penyimpanan dokumen, buku, kontak, google kelas, dan fasilitas Earth.

Google sebagai sebuah corporation selalu mengupdate algoritma pencarian informasi yang diinginkan oleh pengguna dari tahun ke Tahun.

Setiap tahun, Google mengaiami 500 Sampai 600 kali perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar sehingga tidak mengherankan pencarian google selalu akurat.

Proyek pengembangan mesin pencarian dimuka sekitar bulan Januari 1996 dalam prototipe sederhana. Setelah itu, bergerak hingga tanun 2017 menjadi sebuah server raksasa yang memiliki ribuan kantor cabang di seluruh dunia.

Dalam hal ini, model algoritma yang digunakan adalah dengan membuat teknik page rank berdasarkan urutan banyaknya frekuensi pengaksesan website dl dunia. 

Selanjutnya dikembangkan lagi hingga berdasarkan copyright atau berdasarkan kontennya yang unik dan asil serta mencantumkan lokasi terdekat sumber situs berdasarkan posisi si user. Contohnya user dari negara Kroasia akan dicarikan informasi dari situs terdekat.

Untuk melakukan penelusuran informasi dengan kata kunci tertentu menggunakan mesin pencari Googie, ada beberapa tips yangdapat dicoba, antara lain sebagai berikut.

Pencarian informasi dengan keyword yang spesifik dan unik 

Mesin Google kemungkinan tidak dapat menampilkan informasi daftar situs dengan keterkaitan kata kunci yang dicari secara akurat, jika terlalu umum. 

Di samping itu, mesin google juga membatasi pencarian dengan jumlah maksimals sebanyak32 kata. Keyword yang lebih bervariasi

Jika Anda belum menemukan hasil yang baik, Anda dapat memperjelas atau mengubah kata kunci dengan catatan mempunyai makna dan pengertian yang serupa.

Menyertakan tanda tanya di akhir pengetikan kata kunci

Contoh: Kapankah Ir. Soerkano lahir?

Tanda + (plus) dan (minus) 

  1. Tanda + (plus), anda plus digunakan untuk memprioritaskanK Keywordyang diletakkan setelah tanda + , Contoh: Cara setting cacti debian +debian 7 Maka deretan situs yang mengandung kata kunci pebian 7 akan ditampilkan pada awal pencarian.
  2. Tanda - (minus), Tanda minus digunakan untuk membuang hasil filter pencartan terhadap kata kunci yang dituliskan setelah tanda minus. Contoh: obyek wisata jogja - gunung

Maka Google akan menghasilkan deretan informasi situs tentang objek wisata di Jogja selain pegunungan.

Pencarian Dasar Google

  1. AND, AND digunakan untuk mengaitkan hubungan kata kunci yang saling terkait, Anda dapat menggunakan fungsiAND. Contoh: tutorial create animation AND 3ds max.
  2. OR, OR berguna untuk menampilkan informasi tentang dua atau lebih kata kunci yang dicari. Sebagai contoh: setting cacti OR MRTG atau setting cacti | MRTG.
  3. NOT, Google akan menelusuri kata kunci yang berada depan simbol NOT dengan mengabaikan kata kunc di belakang simbol tanda minus. Contoh: setting cacti-debian.
  4. Sinonim (~),Tanda sinonim digunakan untuk mencari semua informasi dari kata kunci yang dicari setelah tanda contoh: ~tutorial.
  5. Asterik (*),Tanda asterik bisa dikatakan sebagai pengganti kata kunci secara acak dan menyeluruh, contoh: server *debian. Nantinya, Google akan menampilkan informasi tentang beragam jenis server yang dapat diatur dengan Debian.
  6. Tanda titik (.),Sebagai pengganti huruf yang akan melengkapi kata kunci yang dituliskan sebagai dasar pencarian. Huruf pelengkap tersebut bersifat acak, contoh: freebs.
  7. Frase,Fitur ini dapat mencari intormasi dengan Google menggunakan tanda (""). Contohnya "software hacking"
  8. I'm Feeling Lucky,Fitur pencarian dengan tombol i'm feeling lucky akan melewati halaman web nasil pencarian yang diarahkan pada web yang paling sering diakses dengan urutan paling awal.  Contoh: hacking dan klik link menu I'm feeling lucky.
  9. Define, Define berfungsi untuk mencari definisi atau pengertian kata kunci yang diinginkan. Contohnya define:animasi. Hasil informasi halaman situs yang paling pertama ditampilkan adalah Wikipedia.
  10. Case insensitive,Mesin pencari Google tidak membedakan huruf kapital, misalnya Hacking atau hacking akan menghasilkan informasi yang sama.
  11. Cache, Cache berfungsi menampilkan cache halaman terakhir website yang tersimpan pada cache server Google meskipun sudah tidak aktif. Contoh: cache:detiksport.com