Membuat Jaringan Peer To Peer

cara membuat jaringan peer to peer, cara peer to peer, langkah langkah membuat jaringan peer to peer, langkah-langkah membuat jaringan peer to peer

Kali ini saya akan membuat tutorial mengenai aplikasi Cisco packet Tracer yaitu sebuah aplikasi untuk menggambarkan simulasi jaringan. Simulasi yang akan kita bahas kali ini adalah cara membangun atau membuat jaringan peer to peer.

Jaringan Peer To Peer adalah salah satu network model komputer yang terdiri dari dua komputer atau lebih,  sehingga memumgkinkan komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi data atau resource.

Hasil akhir perancangan jaringan menggunakan aplikasi Cisco packet Tracer adalah seperti berikut :

Pada jaringan peer-to-peer setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut merupakan client sekaligus juga server, jadi jaringan ini dibentuk tanpa adanya kontrol terpusat dari sebuah server 

setiap komputer memiliki kedudukan yang sama kemudian pertukaran data antar komputer serta penggunaan fasilitas komputer yang terhubung pada jaringan peer to peer dapat dilakukan secara langsung tidak ada akses pengendali dan pembagian hak akses seperti itu.

misalnya Komputer A akan melakukan sharing data baik berupa folder,foto,video sehingga secara otomatis komputer A ini bisa disebut dengan server karena akan melayani komputer B.

Begitu juga sebaliknya ketika ketika komputer B akan melakukan sharing data maka secara otomatis komputer B akan menjadi komputer server dan komputer A yang menerima akan menjadi komputer client sebagai penerima layanan dari komputer B.

Cara membuat jaringan peer to peer

Tambahkan dua buah PC pada area kerja anda :


Hubungkan kedua PC tersebut menggunakan kabel cross over, caranya klik tanda petir kemudian pilih kabel cross seperti yang sudah ditandai setelah itu klik PC1 kemudian pilih fast ethernet kemudian klik lagi PC2 dan pilih juga fast ethernet.

Setting IP address pada PC0 dengan cara klik PC0 maka akan tampil layar seperti gambar dibawah, kemudian klik menu yang ditandai, perhatikan gambar berikut :

setelah itu masukan IP address 192.168.0.1 dan Subnet mask 255.255.255.0 seperti gambar berikut :

Lakukan langkah yang sama pada Setting IP address PC2 namun IP address nya 192.168.0.2 Subnet mask 255.255.255.0

Pengujian :

Untuk melakukan pengujian kita bisa lakukan pada PC1 dan PC2, untuk melakukan pengujian pada PC1 caranya klik PC1 kemudian pilih menu command prompt seperti gambar dibawah:

Setelah di klik akan muncul command prompt kemudian ketik perintah untuk menguji koneksi dari PC1 Ke PC2 seperti berikut :

ping 192.168.0.2

Jika muncul output reply berarti koneksi telah berhasil. Sekian tutorial mengenai pembuatan jaringan peer to peer menggunakan Cisco Packet Tracer.