Meningkatkan keamanan digital

jenis jenis keajahatan cyber atau cyber crime

Meningkatkan keamanan digital

Dengan meningkatnya perkembangan teknologi saat ini san semakin banyak warga digital maka semakin besar pula kemungkinan terjadi potensi kejahatan cyber (cyber cryme). kejahatan cyber akan berdampak pada kerugian secara finansial, bocornya data, pencurian data, kerusakan perangkata komputer maupun dampak negatif pada kejiwaan seseorang. berikut beberapa gangguan yang dapat terjadi ketika berinteraksi dengan dunia teknologi informasi diantaranya adalah :

Back Door

Back door dalam terjemahan bahasa inggris berarti dibalik pintu. memiliki pengertian program yang ditanam oleh penyusup kedalam komputer korban bertujuan untuk bekerja secara diam-diam tanpa diketahui oleh pemilik maupun oleh sistem keamanan dan antivirus yang terpasang pada komputer korban tujuan dari back door ini adalah untuk mendapatkan akses ilegal, me remote / mengendalikan / mengontrol kerja komputer korban. akibatnya komputer dapat mengalami kerusakan sistem dan pencurian data misalnya akun yang ada pada komputer.

Trojan Horse

Trojan Horse merupakan program yang sering digunakan oleh intruder untuk memasukan Back door kedalam komputer program, trojan sering kali disisipkan pada program yang terlihat memiliki kegunaan bagi user namun pada beberapa program antivirus yang memiliki engine yang terupdate sering kali mampu mendeteksi dan mengisolasi program trojan horse tersebut agar tidak menginfeksi kedalam sistem.

DoS (Denial of Service) 

konsep sederhana dari DoS adalah mengirimkan data ke target secara terus-menerus dalam jumlah besar. sebagai contoh komputer intruder melakukan DoS demgan besar data 10MB perdetik delama satu jam sejingga komputer korban akan menerima data sampah atau spam sebesar 36.000MB, akibatnya komputer korban menjadi crash,hang bahkan down, seperti kasus pada sekitar tahun 2000an yang sangat populer virus brontok menginfeksi komputer lalu memerintahkan korban melakukan DoS ke sebuah target tertentu secara bersamaan. teknik ini disebut sebagai DDoS atau Distributed Denial of Service. banyak server yang diberitakan mengalami penyerangan hingga down dan mengakibatkan terputusnya layanan  service yang dijalankan.

Program Agen Penyerangan 

konsep ini sama seperti DDoS, setelah progam terpasang pada komputer korban, komputer korban dijadikan sebagai komputer pendukung yang menjadi perantara bagi intruder untuk melakukan penyerangan ke komputer lainnya. kejadian ini berdampak pada perangkat digital yang dijadikan agen akan mengalami error atau down.

Virus

Virus merupakan aplikasi yang dibuat secara khusus untuk merusak perangkat digital yang berhasil diinfeksi. dampak yang ditimbulkan perangkat adalah banyak file yang hilang atau disembunyikan , sistem operasi yang rusak dan aplikasi yang error. selain melakukan perusakan data atau sistem perangkat virus juga dilengkapi dengan mode perlindungan diri serta mempunyai kemampuan menggandakan, mematikan perangkat serta menyembunyikan diri, jenis-jenis virus yang beredar saat ini sangat beraneka ragam diantaranya adalah : worm, macro virus, directory virus, memori resident virus, direct action virus, overwrite virus, boot sector virus, polymorphic virus, companius virus, multipartite virus, webscripting virus, fat virus, malicious code, e-mail spoofing, ransomware,scammer.

selain gangguan yang berdampak secara langsung pada perangkat digital ada beberapa kerugian yang menyebabkan kondisi kesehatan baik fisik dan mental pada para penggunanya menjadi terganggu antara lain sebagai berikut :
  1. Radiasi gelombang elektro magnetik yang berefek buruk pada kesehatan mata,telinga,otak karena sering berinteraksi dengan layar komputer atau ponsel pintar.
  2. Kejahatan Cyber seperti pencurian data surel, peretasan akun e-bangking, akun media sosial dan kartu kredit.
  3. Pelecehan atau cyber harrasment yang dapat mengakibatkan orang menjadi stres.
  4. Intimidasi atau mengolok-olok secara terus menerus dan bersam-sama dalam sebuah komunitas digital atau disebut dengan cyber bullying
  5. penipuan dan kasus lainnya. 
untuk menghindari gangguan ada beberapa tips yang dapat dilakukan tips ini terbagi menjadi dua kategori yaitu :

Bidang Teknologi

  1. Selalu meng-upgrade sistem operasi dan aplikasi melalui situs resmi.
  2. memasang antivirus, anti spam, anti-adware, anti-spyware dan mengupdate seara rutin.
  3. menggunakan kombinasi password yang baik sehingga tidak mudah ditebak.
  4. selalu mengaktifkan firewall
  5. jangan menggunakan wifi gratisan ditempat umum
  6. tidak membuka situs-situs yang menampilkan konten terlarang karena rentan terinfeksi trojan,spyware dan virus.
  7. tidak membuka spam surel atau file attachment yang berbahaya atau tidak diketahui identitasnya
  8. jangan mudah percaya orang lain dengan memberikan akses terhadap perangkat digital anda.

Perbaikan Sumber Daya Manusia

tingkat kualitas sumber daya manusia akan mempengaruhi dampak negatif yang ditimbulkan. untuk meminimalkan kemugkinan buruk ada beberapa langkah yang dikerjakan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. mengedepankan jiwa sosial dan tenggang rasa sehingga terbentuk rasa kemasyarakatan secara kekeluargaan dan saling menghormati.
  2. tidak mengunggah hal-hal yang bersifat pribadi milik orang lain atau pribadi , masalah pribadi atau kasus tertentu yang mengakibatkan orang lain tersinggung atau marah.
  3. hindari sifat yang bernada ancaman, fitnah, hasutan, menyebar hoax dan pengecaman kepada orang lain.
  4. mengatur pertemanan, privasi dan informasi publik apapun yang dapat diakses oleh orang lain.
  5. lakukan pemblokiran pada orang-orang yang berpotensi menimbulkan ketegangan.
  6. jangan mengikuti grup yang cenderung menyebarkan sara,penghinaan, pelecehan atau tindakan negatif yang bertentangan dengan hukum.
  7. hormati hak cipta yang dimiliki setiap informasi yang diunggah.