Membuat ucapan aqiqah di kotak nasi pada Ms Word 2016

download ucapan aqiqah di kotak nasi ms word, kartu ucapan aqiqah, undangan aqiqah word edit, desain kartu ucapan kelahiran bayi, contoh kartu ucapan

 

ucapan aqiqah di kotak nasi


Dalam agama Islam kehadiran seorang anak yang baru lahir biasanya disunahkan untuk mengadakan acara aqiqah, acara aqiqah diadakan dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. prosesi penyembelihan hewan ternak seperti kambing, kemudian dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga.

oke tapi kesempatan ini bukan itu yang akan kita bahas tetapi yang akan kita bahas adalah cara membuat ucapan aqiqah di kotak nasi dengan Ms Word 2016, untuk membuat kartu ucapan sebenarnya banyak tools yang dapat kita gunakan seperti corel,potoshop atau yang lainnya namun mungkin bagi sebagian orang banyak yang tidak paham cara menggunakan software tersebut.

untuk itu artikel ini dibuat bertujuan untuk mempermudah membuat ucapan aqiqah dengan ms word 2016, biasanya sebagian besar sudah familiar dengan software yang satu ini. kata-kata ucapan aqiqah biasanya ditempelkan pada kotak nasi selain itu biasanya dituliskan juga nama bayi beserta fotonya.  ucapan tersebut biasanya juga terdapat kata-kata berupa doa orang tua dengan harapan dengan membaca kata-kata tersebut menjadi doa bagi anaknya tercinta. langsung saja kita mulai langkah-langkah cara membuat ucapan aqiqah di kotak nasi dengan Ms Word 2016.

Membuat Dokumen Baru

buatlah dokumen baru pada Ms word anda dengan cara klik menu File - New kemudian pilih blank document. 
ucapan aqiqah di kotak nasi

Download Border

Setelah masuk kedalam dokumen baru kemudian kita akan mencari bingkai yang sudah tersedia diinternet, sangat banyak sekali wen yang menyediakan bingkai yang dapat kita gunakan secara gratis salah satunya adalah web : http://www.freestockphotos.biz/  kemudian anda dapat memilih menu Borders seperti gambar berikut :

ucapan aqiqah di kotak nasi


Silahkan scroll kebawah untuk memilih border yang anda inginkan, contoh border yang saya gunakan diatas berada pada halaman 11 atau anda dapat memillih sesuai dengan yang anda inginkan.

ucapan aqiqah di kotak nasi

langkah berikutnya klik border yang anda inginkan kemudian klik kanan dan save image yang berguna untuk melakukan penyimpanan gambar. seperti berikut :

ucapan aqiqah di kotak nasi


Memasukan Gambar

Setelah tersimpan kemudian buka kembali ms word anda dan masukan gambar yang barusan kita download tadi dengan cara klik menu Insert - Pictures 

ucapan aqiqah di kotak nasi

kemudian cari lokasi gambar border yang barusan telah kita download.kemudian klik gambarnya dan atur ukuran yang kita inginkan dengan menggunakan menu Format - Size seperti gambar berikut :
ucapan aqiqah di kotak nasi
disini saya menggunakan ukuran panjang 6 cm dan lebarnya 10 cm, ketika anda ubah langsung mungkin yang terjadi adalah ukuran untuk lebarnya akan dilakukan secara otomatis untuk itu klik tanda panah bawah seperti yang sudah saya tandai diatas, kemudian buang ceklist Lock aspect ratio seperti gambar berikut :
ucapan aqiqah di kotak nasi

silahkan ubah kembali ukuran yang anda kehendaki, maka ukurannya akan sesuai dengan yang anda inginkan. jika sudah tambahkan kata - kata ucapan aqiqah dengan menggunakan menu Insert - Word art. kemudian ketik kata - kata ucapan aqiqah sebagai contoh pada gambar berikut :
ucapan aqiqah di kotak nasi

saya sengaja menulis ucapan aqiqah berada disebelah kanan karena sebelah kiri akan disisipkan gambar bayinya, untuk menyisipkan gambar bayi kita bisa menggunakan shape terlebih dahulu, dengan shape kita bisa memilih bentuk gambar misalnya saya pilih shape oval seperti berikut :

ucapan aqiqah di kotak nasi
klik gambar oval tersebut kemudian drag and drop / tarik dan lepas, buat ukuran yang diinginkan, pada gambar oval tersebut kita akan memasukan gambar bayi dengan cara :

ucapan aqiqah di kotak nasi
kemudian klik form file dan masukan gambar bayinya maka gambar bayi akan masuk kedalam gambar oval tersebut :
ucapan aqiqah di kotak nasi



atur gambar tersebut dengan cara menggesernya kedalam border ucapan aqiqah tadi sehingga menjadi seperti berikut :
ucapan aqiqah di kotak nasi

anda dapat membuang atau mengganti warna border pada oval, jika anda ingin menghapus bordernya silahkan menuju format - picture border - no outline. setelah semuanya selesai anda dapat membuat duplikasi dan print kemudian tempelkan pada kotak nasinya. demikian cara membuat ucapan aqiqah dengan Ms Word 2016 moga bermanfaat.