Jenis-Jenis Website

Penjelasan Jenis-jenis website

Jenis-Jenis Website

Aplikasi berbasis website menjadi pilihan paling efektif dan efisien untuk digunakan saat ini oleh para pelaku usaha ataupun perorangan. Memiliki sebuah website sudah menjadi keharusan karena sebagian masyarakat saat ini dari yang muda sampai tua rata-rata sudah memiliki perangkat seperti smartphone untuk mengakses website.

Bentuk dan tujuan usaha yang berbeda-beda membuat tampilan sebuah website yang satu dengan lainnya berbeda juga, baik dari segi desain maupun konten, berikut adalah jenis website berdasarkan fungsinya didalam dunia Maya :

Website Portal (Portal Website)

Website portal menyediakan banyak variasi layanan kepada pengguna,yang membuat pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan biasanya website portal meliputi berita, olahraga, mesin pencari, publikasi website, peta, jual beli dan email. contoh website portal seperti :

  1. Altavista.com
  2. AOL.com
  3. Yahoo.com
  4. Msn.com
  5. Nescape.com

Website Berita 

Website Berita adalah website yang menyediakan konten berupa informasi terkini, sejarah, artikel-artikel terkait (live,money, even, weather), contoh website berita 

  1. NBC.com
  2. BBC.com
  3. Kompas.com
  4. Detik.com
  5. Liputan6.com

Website Bisnis

Website bisnis mempromosikan produk atau jasa tertentu dan menjualnya kepada para pengunjung website. website jenis ini biasanya memiliki tampilan yang variatif dan dinamis, biasanya dilengkapi dengan animasi untuk menarik minat para pelanggan nya.

Website informasi

Website informasi biasanya menyampaikann informasiyang faktual kepada masyarakat atau pengguna mengenai topik atau tema umum yang berhak diketahui oleh masyarakat, contoh :

  1. Pajak.go.id
  2. Bps.go.id
  3. Dikti.go.id
  4. Kemendagri.go.id

Website layanan Bank

Website layanan Bank dimiliki oleh bank untuk memudahkan transaksi dengan nasabah seperti transfer, pembayaran, pembelian dll,contoh :

  1. bni.co.id
  2. klikbca.com
  3. bankmandiri.co.id
  4. brisyariah.co.id

Website branding

Website branding bertujuan untuk mencari pelanggan baru dan menajaga loyalitas pelanggan, website ini biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur terkini yang up to date sehingga pengguna produk merasa bangga dan nyaman menggunakan produk yang diperlihatkan melalui website, website branding saat ini diintergrasikan bersama jejaring sosial dan juga layanan online chat. intergrasi yang cukup efektif di indoneesia adalah dengan menggandeng facebook yang merupakan jejaring yang banyak diindonesia, juga microblog twitter. contoh website branding :
  1. sosro.com
  2. samsung.co.id
  3. toyota.co.id
  4. rabbani.co.id

Website Toko Online

Webiste toko online menyediakan produk yang dapat dilihat di etalase virtual dan dapat mememsannya secara daring, website jenis ini menyediakan sistem informasi yang menyediakan transaksi daring. biasanya fitur-fitur yang terdapat pada websiter terdri dari login,registrasi, produk-produk yang ditawarkan beserta gambar dan harganya, cara pesan dan bahkan layanan purnajual. contoh toko online :
  1. godaddy.com
  2. lazada.co.id
  3. zalora.co.id
  4. bhinneka.co.id
  5. belibeli.com