Cara Kerja VPS

prinsip kerja vps

Cara Kerja VPS
Pengertian VPS

VPS atau Virtual Private Server merupakan teknologi Server side yang memungkinkan sistem komputer yang dibangun dari hardware dan sistem operasi dengan dukungan software virtual mampu menjalankan virtualisasi mesin yang berdiri sendiri secara mandiri dengan cara berbagi resource hardware dan sistem.
Mesin mesin virtual tersebut memiliki virtual hardware yang dapat diatur sesuai kebutuhan dengan tujuan untuk melayani kerja sistem operasi dan berbagai jenis layanan yang ada didalamnya sehingga mesin virtual tersebut dapat dapat bekerja layaknya mesin server secara fisik.

VPS sering menjadi alternatif utama ketika anda membangun sebuah layanan dengan frekuensi aks├ęs cepat dan banyak seperti Cloud Computing, Robot software for trading, bot software, hosting, game server. Penyedia jasa VPS diantaranya adalah digitalocean.com, cloudkilat.com, alibabacloud.com dll.

Hal Hal yang perlu diketahui tentang VPS

Hal hal yang perlu diperhatikan ketika memilih VPS diantaranya :
  1. VPS tidak memiliki bentuk secara fisik
  2. Sewa VPS dan konfigurasi biasanya dilakukan secara jarak jauh melalui aplikasi tertentu
  3. Meskipun virtual tetapi dapat bekerja seperti server fisik
  4. VPS dapat membangun layanan tertentu
  5. Layanan file tidak akan mengganggu VPS lain apalagi server utama
  6. Cara melakukan setup menggunakan metode remote
  7. Perawatan tidak perlu dilakukan karena akan dilaksanakan secara rutin oleh provider.

Kapan Menggunakan VPS?

dari segi harga VPS  lebih mahal dibandingan dengan shared hosting. Namun apakah VPS ini sangat  penting? pertanyaan lainnya kapan kita menggunakannya? Jika anda mengalami hal berikut ini, Berarti anda sudah sewajarnya pindah ke VPS.
  1. Website anda saat ini  membutuhkan layanan diatas shared hosting karena sering tumbang / down yang diakibatkan trafik yang tinggi
  2. Website anda saat ini membutuhkan manajemen yang lebih leluasa daripada shared hosting
  3. Website anda saat ini membutuhkan custom resource yang lebih fleksibel daripada shared hosting
Jika anda sudah mulai merasa jika kriteria diatas tersebut terjadi maka sudah saatnya kamu untuk berpindah ke VPS. hal yang  mengakibatkan orang  sering berpindah ke VPS yaitu :
  1. Resource Kurang, Website dengan pengunjung ramai tentu merupakan keinginan bagi setiap pemilik website. Tetapi, apabila layanan shared hosting kita sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, tentu hal tersebut akan menjadi masalah besar. Oleh karena itu, layanan hosting dengan resource yang lebih besar merupakan jawabannya.
  2. Manajemen Server Kurang Leluasa, Jika kita menggunakan shared hosting kamu tidak bisa melakukan manage server. jika menggunakan VPS kita dapat menginstall software tambahan untuk website. tapi, tidak jarang software yang kita butuhkan memerlukan instalasi tambahan tidak didukung oleh layanan shared hosting. saat itulah  VPS dapat menjawab kebutuhan anda.
  3. Website lambat, VPS menjadi sebuah altenatif untuk web yang kurang cepat, Karena semakin baik performa VPS dan optimasi website maka dapat menigkatakan kecepatan website yang anda miliki.