Cara Pengelolaan Ebook

cara pengelolaab ebook


Ebook ialah singkatan dari electronic book yang artinya adalah buku elektronik. Manfaat utama dari e-book adalah menyajikan informasi layaknya sebuah buku. dalam kosa kata bahasa inggris book memiliki arti yang luas yaitu buku,kitab suci, memesan, mencatat dan melakukan booking, sedangkan jika mengacu pada istilah buku artinya kumpulan kertas yang disusun dari halaman ke halaman berikutnya yang mengandung informasi penting berupa tulisan  teks, jadi buku elektronik atau ebook  memiliki pengertian sebagai sebuah file digital berupa dokumen yang berisi informasi penting baik berupa panduan, tutorial atau informasi lainnya yang dibuat menggunakan perangkat digital seperti smartphone, laptop yang dapat diakses melalui internet. Sebagai contoh, ebook dengan tema                  “ Manajamen Bandwith dengan Mikrotik”, “ Membuat Animasi 2 Dimensi “, dan lainnya.

Kelebihan E-Book

  1. Tidak mudah rusak karena pengaruh fisik seperti hujan, basan, ataupun dimakan oleh rayap.
  2. Mudah dalam pembuatannya.
  3. Hemat biaya untuk merancangnya.
  4. Dapat dibagi dengan pengguna lainnya.
  5. Tidak memakan tempat.
  6. Mudah disimpan ke dalam flashdisk.
  7. Mudah untuk dibawa
  8. Tidak butuh perawatan yang berlebihan.
  9. Memiliki backup data yang dijamin keamanannya oleh provider seperti google drive.

Kekurangan E-Book

  1. Memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang baik untuk membuat dan memanajemennya.
  2. Memerlukan perangkat digital seperti computer, laptop, dan telepon pintar.
  3. Diperlukan software khusus untuk membuat desain e-book tersebut.
  4. Harus mengenal teknik penyusunan e-book yang baik.

Karakteristik dan Format File E-Book

PDF (Portable Document)

PDF adalah Format yang dirancang oleh perusahaan Adobe. Adapun format pdf cukup popular karena kemudahan dalam pembuatan dan pembacaannya. Format ini juga memiliki kelemahan, contohnya dokumen dalam format docx dikonversi dalam pdf mengalami masalah. Solusinya ialah dengan mengatur jenis property edit file untuk dapat ditulis ulang, dicopy dan bahkan dapat diproteksi dengan password tertentu.

HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML Digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk web dengan konten video, audio, gambar maupun tulisan. Banyak orang menggunakan HTML sebagai sarana mempublish tulisan mereka ke internet agar dapat dibaca oleh orang lain.

XML (Extensible Markup Language)

XML Ialah tipikal Bahasa markup yang menggunakan struktur tag table, men-cluster, serta dan menentukan dan mengatur informasi dalam sebuah dokumen lengkap dengan struktur data dan kontennya. Kelebihannya ialah penyimpanan data yang lebih ringkas, fleksibel, dan terstruktur layaknya sebuah database.

XHTML

XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) dan merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML. XHTML adalah bentuk HTML yang didefinisikan sebagai aplikasi XML yang berarti XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 dikombinasikan dengan sintaks XML.

CHM

CHM digunakan pada perangkat berbasis windows sebagai sebuah petunjuk atau panduan bantuan ketika user menemukan permasalahan dalam pengoperasiannya.

PDB

PDB Ialah format file yang menyimpan konfigurasi data aplikasi yang tersusun secara sistematis layaknya sebuah database.

PRC

Format ini mengandung beberapa objek dengan tipe data yang berbeda yang tersimpan menyerupai struktur database mirip format file PDB.

TPZ

Format ini digunakan oleh perangkat digital Amazon Kindle dan aplikasi Amazon Kindle berbasis desktop. E-book dengan format ini yang diunduh dari internet melalui computer telah mendukung berbagai jenis teknologi font yang terpasang secara otomatis serta men-support fitur bookmarks dan annotations, dengan mendata file dibuat terpisah.

EPUB

EPUB ialah format file yang bersifat open untuk e-book yang dikeluarkan oleh IDPF. Kelebihan e-book dengan format ini adalah penyesuaian konten data buku dengan bentuk dan ukuran layar.

AZW

Format file e-book bertipe kindle yang hanya dapat digunakan dalam sebuah file buku digital bertipe Mobipocket yang telah diproteksi dengan DRM sebagai pengganti format file MOBI atau PRC.

KF8

KF8 Ialah perkembangan dari generasi format file amazon dengan beragam fitur dan berbagai penyempurna terbaru seperti telah mendukung teknologi HTML5 serta CSS3 yang dapat diterapkan setiap penerbit untuk mengembangkan buku digital mereka. Kelebihan dari format ini adalah fitur caps drop, numbered list, fixed layouts, nested table, scalable vector graphics, dan sidebars.

MOBI

MOBI Ialah jenis file dengan ekstensi format file MOBI yang secara khusus dipergunakan untuk menyimpan e-book dan sengaja diciptakan untuk bekerja pada perangkat mobile dengan kebutuhan bandwith yang relative kecil ketika mengunggah dan membukanya.

Hal yang dipertimbangkan ketika memilih jenis format file e-book

  1. Format file telah dikenal dan dapat dijalankan oleh berbagai aplikasi
  2. Kompatibel terhadap semua jenis hardware perangkat digital
  3. Telah mendukung fitur-fitur layaknya sebuah dokumen dan dukungan penuh terhadap teknologi web
  4. Tidak membutuhkan ruang memori yang besar dalam penyimpanannya
  5. Dapat diatur konfigurasi keamanannya untuk file tersebut.

Instalasi Calibre

Calibre adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan e-book yang bersifat open source dan dapat dijalankan di berbagai system operasi. Untuk menginstal aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Siapkan computer dan pastikan dalam kondisi baik
  2. Koneksikan computer dengan internet, lalu download file installer caliber pada alamat URL https://calibre-ebook.com/download
  3. Sesuaikan jenis installer dengan versi system operasi windows yang terpasang pada computer. Pilih installer Windows 64 Bit jika memakai Windows 64 Bit atau sebaliknya
  4. Jalankan file setup caliber dengan klik ganda atau klik kanan
  5. Aktifkan opsi “I Accept the Agreement”, dan klik install untuk memulai proses instalasi
  6. Biarkan proses instalasi berjalan dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai
  7. Setelah selesai, aktifkan pilihan “ Launch Calibre” agar caliber berjalan secara otomatis setelah anda menutup jendela Wizard Installer dengan mengklik tombol finish
  8. Klik change untuk menentukan lokasi default penyimpanan file kerja Calibre. Jika tidak ada perubahan, biarkan secara default, kemudian klik next
  9. Temukan jenis e-book device yang akan digunakan, klik next untuk melanjutkan
  10. Klik tombo finish untuk menyelesaikan konfigurasi wizard caliber