Cara Merancang dan membuat Website

cara merancang website, cara membuat website, membuat website, merancang website

Cara Merancang dan membuat Website
 

Pengertian Website dan Unsurnya

website adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa gambar,suara atau gabungan dari unsur tersebut, baik berisfat statis atau dinamis yang saling terkait dengan link, gabungan semua webiste yang dapat diakses publik diinternet disebut dengan world wide web atau lebih dikenal dengan www. 

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Website atau situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik yang saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Senada dengan itu, menurut Hidayat (2010), website atau Situs adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semua itu, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringanjaringan halaman. Sementara itu, menurut Simarmata (2010), web adalah alat untuk menciptakan sistem informasi global yang mudah berdasarkan hiperteks. 

Website adalah salah satu media online yang mempunyai nilai tambah yang besar kepada pemilik dan penggunanya. Website memberikan banyak fungsi dan kenyamanan kepada pemakainya. Dengan website, tujuan perusahaan ataupun pebisnis perorangan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Namun demikian, banyak orang belum mengenal website dan aplikasinya. 

5 Unsur yang harus ada pada Website

Terdapat lima unsur yang harus ada didalam website diantaranya adalah :

Nama Domain

Nama domain adalah alamat permanen situs dunia internet  yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, terdapat banyak macam nama website yang dapat kita gunakan sesuai dengan keinginan , berikut adalah beberapa domain tersebut :

Generic Domain

Generic domain adalah  nama domain yang berakhiran .com (dot com), org (dot org), .edu (dot edu), .mil (dot mil), .gov (dot gov) jenis domain ini biasa juga disebut dengan top level domain (tld). domain ini tidak berafiliasi dengan berdasarkan negara sehingga siapapun dapat mendaftar dan memilikinya.
  1. .com, merupakan top level domain untuk kebutuhan komersial 
  2. .org, merupakan top level domain untuk organisasi atau lembaga non profit
  3. .edu, merupakan top level domain untuk dunia pendidikan
  4. .mil, merupakan top level domain untuk militer
  5. .gov, merupakan top level domain untuk pemerintahan

Country Specific Domains 

County Specifik domains adalah domain yang tediri atas dua huruf ekstensi sebagai kode negara di dunia seperti .id (indonesia),.au (australia),.jp (jepang) domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing-masing negara 
  1. go.id, domain yang digunakan pada institusi pemerintahan republik indonesia
  2. ac.id, domain yang digunakan oleh lembaga akademik seperti universitas atau perguruan tinggi.
  3. sch.if domain yang digunakan oleh sekolah tingkat SD,SMP,SMA,SMK
  4. mil.id domain yang digunakan oleh militer indonesia
  5. net.id domain yang digunakan oleh penyedia telekomunikasi.
nama domain dari tiap situs web bersifat unik artinya tidak ada yang sama sehingga tidak akan tertukar ketika kita akan membuka sebuah situs web, untuk memperoleh nama domain dilakukan penyewaan domain dalam jangka waktu tertentu (tahunan).

Hosting

hosting adalah ruangan yang terdapat dalam hardisk sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data yang akan ditampilkan di situs, besarnya data yang dapat dimasukan tergantung dari besarnya hosting yang dimiliki.besarnya hosting ditentukan ruangan hardisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte)  hosting dapat dimiliki/disewa melalui jasa-jasa penyedia hosting yang dapat kita jumpai diindonesia atau diluar negeri.

Scripts

scripts merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website, scripts sangat menentukan statis atau dinamis pada sebuah web.kedinamisan web dapat dilihat dari banyaknya tanggapan pengunjung dan frekuensi kunjungan. jenis scripts yang banyak digunakan untuk membuat web diantaranya adalah HTML,PHP,JSP,ASP  script dasar pada sebuah situs adalah HTML apapun bahsa pemrograman yang digunakan HTML pasti digunakan untuk menampilkan sebuah informasi agar lebih rapih.

Desain Web

Desain web sangat menentukan kualitas dan keindahan sebuah situs  dan sangat berpengaruh terhadap penilaian pengujung , semakin menguasai cara desain sebuah web maka akan semakin menarik tampilan web tersebut.

Publikasi

publikasi dapat dilakukab berbagai cara seperti dengan pamplet , selebaran, baliho akan tetapi cara ini masih kurang efektif  dan sangat terbatas. cara efektif adalah publikasi secara langsung melalui internet  melalui search engine (mesin pencari)ada banyak mesin seperti altavista,AOL,bing,google,yahoo yang memberikan layanan secara gratis namun mesin pencari yang banyak digunakan saat ini terutama diindonesia adalah google dan yahoo.  cara efektif kita dapat membayar kepada perusahaan penyedia search engine agar situs cepat terindeks dan dapat dikenal oleh pengunjung. 

Teknologi Informasi terus berkembang cepat melalui berbagai cara yang dinamis dan memudahkan konsumennya Perangkat bantu informasi, telepon cerdas (smartphone), jaringan yang merata untuk internet dan website, dan lain-lain secara langsung dan tidak langsung memberikan nilai tambah kepada penggunanya. 

Manfaat Website bagi Perusahaan dan Pebisnis Perorangan

Website perusahaan ataupun pebisnis perorangan memilik banyak nilai tambah yang dapat dimaksimalkan untuk mencapa tujuan perusahaan. Website perusahaan yang diminati oler konsumen pada umumnya adalah website yang mengena kebutuhan konsumen dan mampu melayani konsumen secara memuaskan. Berikut ini beberapa manfaat website bag perusahaan dan perorangan. 

a. Komunikasi menjadi efektif 

Perusahaan ataupun pebisnis perorangan dapat memberikan informasi produk, ide kreatif, atau opini dengan mudah dan cepat. Mudah karena dengan hanya berbekal koneksi internet, admin perusahaan ataupun pebisnis perorangan dapat melakukan perubahan pada website setiap saat. Cepat karena setelah proses editing selesai, perubahan atau penambahan informasi terkini atau informasi terbaru dapat langsung diunggah (upload) sehingga informasi yang tersaji merupakan informasi terbaru. 

b. Perusahaan memiliki etalase virtual 

Perusahaan ataupun pebisnis perorangan dapat menampilkan produk atau jasa dengan menempatkannya pada halaman horne page. Setiap pengunjung website dapat langsung melihat produk yang ada di etalase virtual tanpa harus pergi ke toko secara fisik. Berbeda dengan di dunia luring, teknik penyajian di website memilki model tersendiri. & Perusahaan memiliki media Interaktif 

Perusahaan ataupun pebisnis perorangan dapat berkomunikasi dengan calon konsumen, pelanggan, atau mitra dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di website, seperti via ernad bagi yang membutuhkan informasi berupa surat elektronik. Interaksi menggunakan fasilitas online chat, misalnya, dapat dilakukan 24 jam nonstop. 

d. Perusahaan dapat memanjakan konsumen 

Artinya, kebutuhan konsumen dapat dilayani dari jarak jauh, bdak perlu datang ke toko atau tempat beroperasinya perusahaan. Konsumen juga dapat memilih produk atau jasa yang diinginkan dari rumah mereka sendiri, dengan melakukan transaksi langsung via internet. 

e. Media publikasi bagi perusahaan 

Website dapat digunakan sebagai sarana publikasi perusahaan, perusahaan grup, bahkan perusahaan-perusahaan lain yang menjalin kerja sama untuk mencapai keuntungan bersama. Publikasi di sini tentunya bergantung pada kepentingan perusahaan. Website perusahaan yang digunakan sebagai media publikasi memiliki model tersendiri, antara lain dengan memaksimalkan ruang atau lebar layar, 

f. Branding perusahaan di dunia daring 

Perusahaan dapat mengenalkan merek (brand) di dunia daring dengan menggunakan website. Branding perusahaan dilakukan dengan teknik Search Engine Optimization (SEO), yang membuat posisi website selalu tampil di halaman 1 hasil pencarian. Jika web Selalu tampil di halaman 1 hasil pencarian, branding perusahaan Semakin kuat di dunia daring. 

g. Menjaring konsumen Via online (daring) 

Menarik minat konsumen dapat dilakukan dengar menggunakan website yang terhubung atau terintegrasi dengan jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Website yang terintegrasi dengan media sosial menambah nilai website karena itu menunjukkan kegiatan pemasaran diperluas di media sosial. 

Potensi Pekerjaan Online (Daring) Menggunakan Website 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan semakin terjangkaunya perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software) oleh masyarakat membuka kesempatan bagi semua orang untuk memperoleh tambahan pendapatan di dunia daring. Berikut ini beberapa pekerjaan di duma daring yang menggunakan media website, yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh perusahaan ataupun pebisnis perorangan. 

a. Afiliasi (affiliation) 

Afihasi adalah jenis pekerjaan berupa tawaran kerja sama antara perusahaan pemilik produk/jasa tertentu dan seseorang (Anda) yang akan bertugas sebagai agen penjualan melalui website atau blog. Pekerjaan yang akan Anda lakukan adalah memasarkan dan mempromosikan produk/jasa perusahaan itu. Komisi akan Anda dapatkan setelah produk yang Anda tawarkan melalui website Anda dibeli oleh pengunjung. Persentase komisi  yang didapatkan beragam, tergantung perjanjian atau kesepakatan di muka.  Contoh website afiliasi: 
  • lazada.co.id 
  • amazon.com 
  • dickbank.com 

Toko online (online shop) 

Toko online menawarkan produk atau jasa melalui website Gengan cara menampilkan produk atau jasa di dalam website yang berbentuk toko online (etalase virtual). Keuntungan didapatkan setelah terjadi proses jual beli baik melalui transaksi luring maupun transaksi daring. Contoh: 
  • erlanggashop.com 
  • glodokshoponline.com
  • bhinneka.com 

Paid to Review (PTR) 

Paid To Review (PTR) adalah jenis pekerjaan berupa membuat artikel promo untuk produk atau jasa orang lain dan memublikasikannya di website (blog) si pengulas/pembuat artikel.  Atas jasa mereviu atau mempromosikan produk/jasa orang lain, seseorang mendapatkan komisi. Dalam hal ini, si pengulas dapat melakukan tawar-menawar besaran komisi, atau bahkan berhak menentukan tarifnya. Contoh: 
  • reviewme.com 
  • blogsvertise.com 
  • sponsoredreviews.com 
  • payperpost.com 
  • reviewtokoonline.com

Pay to Click (PTC) 

PTC adalah pekerjaan yang dilakukan dengan cara mengklik  iklan yang ada di sebuah website yang melayani Pay to Click (PTC). Anda akan mendapatkan bayaran setelah mengklik iklan yang telah ditentukan oleh situs yang melayani PTC,  Contoh: 
  • bestlifebux.com 
  • dearbux.com 
  • termbux.com 

Pay per Click (PPC) 

PPC adalah pekerjaan online yang dilakukan dengan cara  menempatkan iklan dari situs yang melayani iklan. Anda akan mendapatkan penghasilan apabila setiap iklan yang ditampilkan di website Anda diklik oleh pengunjung. Iklan harus dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mudah dilihat dan diklik oleh pengunjung tanpa menyalahi aturan yang ada. Anda harus memiliki website atau blog untuk dapat memanfaatkan PPC. Contoh: 
  • Google AdSense 
  • kliksaya.com 
  • sitti.co.id 
  • kumpulblogger.com

Forex Trading 


Pekerjaan online ini cocok untuk mereka yang memiliki  pengetahuan yang cukup tentang bisnis saham. Forex trading menuntut pengetahuan tentang cara kerja saham online sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal,  Contoh: 
  • fxcm.com 
  • forex.com 
  • forexyard.com 
  • oanda.com 

Jual Ebook

Pekerjaan Ini berupa membuat artikel-artikel atau materi, materi yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Selanjutnya artikel dibuat menjadi bentuk PDF. Artikel yang sudah jadi dalan, bentuk PDF selanjutnya dapat dijual kepada orang lain untuk  dijual lagi atau dapat diletakkan di website pribadi. Contoh: 
  • ebooks com 
  • scribd com
  • entitlebooks.com, 

Blogging 

Pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa pun. Yang dibutuhkan adalah Anda harus memiliki blog. Blog dapat diisi dengan materi atau artikel yang bermanfaat yang dapat dibaca dan dinikmati oleh pengunjung Selanjutnya, jika sudah memiliki banyak pengunjung, blog dapat dijadikan alat untuk menghasilkan pendapatan melalui iklan dan lain sebagainya. Contoh: 
  • caradesainweb.blogspot.com
  • rekayasawebsite.blogspot.com 
  • pemrogramanwebsite.blogspot.com 

Search Engine Optimization (SEO) 

Ini adalah pekerjaan menempatkan kata kunci yang konsumen inginkan agar dapat masuk dalam halaman 1 mesin pencari. Anda akan mendapatkan penghasilan setelah target atau kata kunci yang dimaksud sudah berhasil tampil di posisi halaman 1 mesin  pencari. Besarnya penghasilan yang akan didapatkan bergantung pada produk yang ditawarkan. . Contoh: 
  • google.com 
  • yahoo.com
  • bing.com 
  • ask.com 

Nama Domain dan Subdomain 

Nama domain (dornain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server: selain itu, juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebaga! alamat IP, Nama domain disebut pula dengan istilah  Uniform Resource Locator/URL, atau alamat website.  Contoh domain: 
  • Blogspot.com 
  • bukuerlangga.com 
  • wordpress.com 
  • majumapan.com 
  • unisbank.ac.id 

Subdomain adalah domain cabang bagian dari domain induk.  Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan tanda “.", yang dibaca dot.  Contoh Subdomain: 
  • caradesanweb.blogspot.com 
  • ddw.majumapan.com
  • fti.unisbank.ac.id
  • blog.liputan6.com
Arti kode untuk nama domain Arti kode dibelakang nama domain: 
  1. com-untuk kepentingan komersial atau perusahaan (commercial). 
  2. net-untuk kepentingan jaringan (network). 
  3. org-untuk kepentingan organisasi (organization). 
  4. info-untuk kepentingan informasi (information). 
  5. go-untuk kepentingan pemerintahan (government). 
  6. ac-untuk kepentingan perguruan tinggi (academy). 
  7. sch-untuk kepentingan sekolah menengah atas (school).
  8. edu-untuk kepentingan pendidikan (education). 
  9. mil-untuk kepentingan militer (military).
  10. biz-untuk kepentingan bisnis. 
  11. tv-untuk dunia hiburan, seperti televisi, radio, majalah.
  12. travel-untuk bisnis pariwisata. 

Kode nama domain 

untuk negara di dunia Setiap negara memiliki kode penamaan tersendiri di belakang  nama domain. Berikut ini beberapa kode negara/wilayah negara
  1. au-Australia 
  2. aw-Aruba (sebuah wilayah negara Belanda) 
  3. ax-Aland (sebuah wilayah negara Finlandia) 
  4. az-Azerbaijan 
  5. ca-Kanada 
  6. cl-Chili 
  7. hk-Hong Kong 
  8. hr-Kroasia 
  9. id-Indonesia 
  10. it-Italia 
  11. jm-Jamaika 
  12. jp-Jepang 
  13. us-Amerika Serikat