Cara Merancang dan membuat Website

cara merancang website, cara membuat website, membuat website, merancang website

Cara Merancang dan membuat Website
 

Pengertian Website dan Unsurnya

website adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa gambar,suara atau gabungan dari unsur tersebut, baik berisfat statis atau dinamis yang saling terkait dengan link, gabungan semua webiste yang dapat diakses publik diinternet disebut dengan world wide web atau lebih dikenal dengan www. terdapat lima unsur yang harus ada didalam website diantaranya adalah :

Nama Domain

Nama domain adalah alamat permanen situs dunia internet  yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, terdapat banyak macam nama website yang dapat kita gunakan sesuai dengan keinginan , berikut adalah beberapa domain tersebut :

Generic Domain

Generic domain adalah  nama domain yang berakhiran .com (dot com), org (dot org), .edu (dot edu), .mil (dot mil), .gov (dot gov) jenis domain ini biasa juga disebut dengan top level domain (tld). domain ini tidak berafiliasi dengan berdasarkan negara sehingga siapapun dapat mendaftar dan memilikinya.
  1. .com, merupakan top level domain untuk kebutuhan komersial 
  2. .org, merupakan top level domain untuk organisasi atau lembaga non profit
  3. .edu, merupakan top level domain untuk dunia pendidikan
  4. .mil, merupakan top level domain untuk militer
  5. .gov, merupakan top level domain untuk pemerintahan

Country Specific Domains 

County Specifik domains adalah domain yang tediri atas dua huruf ekstensi sebagai kode negara di dunia seperti .id (indonesia),.au (australia),.jp (jepang) domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing-masing negara 
  1. go.id, domain yang digunakan pada institusi pemerintahan republik indonesia
  2. ac.id, domain yang digunakan oleh lembaga akademik seperti universitas atau perguruan tinggi.
  3. sch.if domain yang digunakan oleh sekolah tingkat SD,SMP,SMA,SMK
  4. mil.id domain yang digunakan oleh militer indonesia
  5. net.id domain yang digunakan oleh penyedia telekomunikasi.
nama domain dari tiap situs web bersifat unik artinya tidak ada yang sama sehingga tidak akan tertukar ketika kita akan membuka sebuah situs web, untuk memperoleh nama domain dilakukan penyewaan domain dalam jangka waktu tertentu (tahunan).

Hosting

hosting adalah ruangan yang terdapat dalam hardisk sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data yang akan ditampilkan di situs, besarnya data yang dapat dimasukan tergantung dari besarnya hosting yang dimiliki.besarnya hosting ditentukan ruangan hardisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte)  hosting dapat dimiliki/disewa melalui jasa-jasa penyedia hosting yang dapat kita jumpai diindonesia atau diluar negeri.

Scripts

scripts merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website, scripts sangat menentukan statis atau dinamis pada sebuah web.kedinamisan web dapat dilihat dari banyaknya tanggapan pengunjung dan frekuensi kunjungan. jenis scripts yang banyak digunakan untuk membuat web diantaranya adalah HTML,PHP,JSP,ASP  script dasar pada sebuah situs adalah HTML apapun bahsa pemrograman yang digunakan HTML pasti digunakan untuk menampilkan sebuah informasi agar lebih rapih.

Desain Web

Desain web sangat menentukan kualitas dan keindahan sebuah situs  dan sangat berpengaruh terhadap penilaian pengujung , semakin menguasai cara desain sebuah web maka akan semakin menarik tampilan web tersebut.

Publikasi

publikasi dapat dilakukab berbagai cara seperti dengan pamplet , selebaran, baliho akan tetapi cara ini masih kurang efektif  dan sangat terbatas. cara efektif adalah publikasi secara langsung melalui internet  melalui search engine (mesin pencari)ada banyak mesin seperti altavista,AOL,bing,google,yahoo yang memberikan layanan secara gratis namun mesin pencari yang banyak digunakan saat ini terutama diindonesia adalah google dan yahoo.  cara efektif kita dapat membayar kepada perusahaan penyedia search engine agar situs cepat terindeks dan dapat dikenal oleh pengunjung.