Jenis-Jenis Iklan Online

jenis iklan , menggunakan banner cara affiliasi , iklan marketplace
iklan online yiisolution.blogspot


Ditengah semakin mengingkatnya pengguna internet dan gadget khususnya diindonesia saat ini iklan online merupakan pilihan yang tepat untuk mendekati konsumen. perusahaan atau pebisnis perorangan yang ingin mengiklankan produk atau jasanya secara online harus memahami jenis iklan online yang akan digunakan sebagai media promosi, berikut ini adalah jenis-jenis iklan online

Menggunakan Banner

Banner merupakan media informasi yang digunakan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat, banner dalam bentuk offline biasa disebut spanduk sedangkan banner web adalah banner yang dipasang disebuah website. banner dapat berisi gambar, teks, video ataupun gabungan dari ketiganya ukurannya bisa dibuat vertikal ataupun horizontal, khusus untuk banner web biasanya mengandung link aktif sehingga ketika diklik akan mengarahkan ke produk atau jasa yang diiklankan.

Menggunakan cara Affliasi

Afiliasi adalah bentuk kerjasama antar dua lembaga dengan perjanjian atau kontrak tertentu sebagai contoh kontrak misalnya kolega di dunia online akan mendapatkan 5% dari harga jual produk yang ditawarkan.

misalkan anda mempunyai sebuah website atau blog telah bekerja sama dengan penyedia afiliasi misalnya penyedia afiliasi tersebut lazada, iklan yang dipasang pada blog anda telah terjadi transaksi jual beli maka anda berhak mendapatkan fee sebesar 5% dari harga produk yang terjual. namun jika produk tersebut tidak dibeli maka anda tidak berhak untuk mendapatkan fee sebesar 5% tersebut.

Menggunakan iklan melalui media sosial

saat ini media sosial banyak sekali digunakan oleh masyarakat indonesia merupakan salah satu pengguna media sosial terbesar didunia. media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook dan twitter, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi cukup efektif mengingat potensi yang sangat besar diindonesia.

Menggunakan Search Engine Marketing (SEM)

iklan online dapat juga dilakukan pada mesin pencari biasanya iklan pada mesin pencari ditempatkan pada bagian atas ,bawah,sidebar kanan atau kiri, search engine memiliki potensi yang sangat besar untuk mengiklankan sebuah produk karena umumnya pengunjung web masuk website atau blog melalui mesin pencari.

Menggunakan Mobile Advertising

iklan biasanya muncul pada aplikasi mobile yang kita gunakan ketika terhubung ke internet iklan biasanya berada di posisi header atau footer yang tidak mengganggu pengguna atau calon konsumen, iklan dapat berupa ganbar atau teks.

Menggunakan Marketplace

Marketplace menyediakan toko online yang dapat dimiliki oleh pengguna internet dengan cara yang mudah dan gratis, perusahaan atau perorangan yang ingin memiliki toko di marketplace cukup mendaftar pada layanan yang tersedia. setelah toko terdaftar langkah selanjutnya adalah mengisi toko dengan produk yang dimiliki, jika seseorang memiliki toko di marketplace maka akan secara otomatis produk dari toko yang ada dimarketplace tersebut akan diiklankan dan dipasarkan secara online.

cara pemasaran yang dilakukan marketplace adalah dengan mengiklankan pada mesin pencari dan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya.