Pengertian Simulasi dan Komunikasi Digital

pengertian simkomfig, pengertian komunikasi digital, pengertian simulasi dan komunikasi digital, pengertian algoritma

Apa Itu Simulasi dan Komunikasi Digital (SIMKOMDIG)?


Simulasi


Metode percobaan atau eksperimen untuk memecahkan masalah dengan meniru kondisi nyata melalui media berupa audio,video,gambar dan perangkat maupun computing untuk mendeskripsikan keadaan sebenarnya.


Komunikasi

Proses pengiriman dan penerimaan data informasi antara dua atau lebih pengguna melalui media tertentu.


Digital

Digital berasal dari kata digitus dari Bahasa Yunani yang berarti perhitungan menggunakan jari tangan berjumlah sepuluh, karena nilai sepuluh mengandung angka 1 dan 0 selanjutnya disebut sebagai digital yang merupakan representasi on dan off pada arus listrik yang diwakili dengan angka 1 dan 0, kebalikan dari digital adalah analog.

Seiring dengan perkembangan teknologi istilah digital saat ini lebih mempresentasikan setiap data berupa file , gambar, audio dan video ataupun grafis yang dihasilkan oleh perangkat elektronik seperti computer.

Simulasi dan Komunikasi Digital :


Cara membuat komunikasi antar pengguna dengan pekerjaan keseharian menjadi lebih mudah menjadi perangkat digital dalam bentuk simulasi. 

Sebagai contoh Ketika kita menyimulasikan pekerjaan mengetik yang semula menggunakan mesin ketik secara manual menjadi simulasi yang dapat dicetak hasilnya sama persis dengan mesin ketik secara manual bahkan hasilnya bisa lebih bagus. Simulasi yang digunakan misalnya menggunakan perangkat computer dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word.

Untuk mensimulasikan proses manual kedalam bentuk digital maka kita perlu memahami algoritma untuk memecahkan suatu masalah.

Apa itu algoritma?

Algoritma berasal dari kata algorism yang artinya cara memecahkan dan menguraikan setiap permasalahan dalam hitungan menggunakan alur pikiran yang sistematis dan logis.

Contoh algoritma :

Bagaimana cara aplikasi kalkulator pada handphone atau computer dapat dapat melakukan penjumlahan terhadap dua buah bilangan. Misalkan 20 + 15 ? jika kita jumlahkan secara manual maka hasilnya adalah 35 . lalu apakah dalam computer atau handphone anda seperti itu juga? Tentu saja tidak dan sama sekali bebeda.

Untuk menyelsaikan masalah tersebut terdiri dari urutan Langkah yang sistematis yang akan dilakukan oleh computer, ketika kita akan menjumlahkan 20 +15 langkah-langkah nya seperti berikut :

Langkah pertama :
Identifikasi dan dekalarasikan Variable nilai dan operand yang akan dioperasikan yaitu :
  1. Variable A untuk menyimpan angka pertama bertipe interger yaitu 20 
  2. Variable B untuk menyimpan angka kedua bertipe integer yaitu 15, 
  3. Tentukan operand berupa penjumlahan  
  4. Variable hasil untuk meyimpan dan menampilkan hasil penjumlahan bertpe integer.
Langkah kedua :
Pernyataan algoritma sebagai berikut :
  1. A←20
  2. B←15
  3. Hasil←A+B
  4. Menyimpan dan menampilkan Hasil.