Pengertian Bisnis Online

pengertian bisnis online, bisnis online adalah, arti bisnis online, bisnis daring
pengertian bisnis online  - yiisolutions

Pengertian Bisnis Online

Mengetahui pengertian dari bisnis online akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, pada pembahasan kali ini akan di paparkan mengenai manfaat dari bisnis online sehingga diharapkan dapat mendorong anda yang mau melakukan bisnis untuk berlatih menggunakan atau memanfaatkan media online untuk memasarkan sebuah produk atau jasa tertentu.

Bisnis online atau bisnis daring (dalam jaringan) adalah bisnis yang dalam proses produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan pengiriman barang mengguanakan teknologi informasi yang terintergrasi. bisnis daring saat ini sangat banyak diminati masyarakaat seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin modern.

dengan perkembangan yang sangat pesat para pebisnis seharusnya sudah memperhatikan pentingnya bisnis online demi pencapaian tujuan yang maksimal. namun demikian banyak juga yang belum sepenuhnya memahami cara pemasaran secara daring sehingga pemanfaatannya belum optimal.

Jadi bisnis daring adalah bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yang menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik, jasa daring komersial adalah jasa yang menawarkan jasa informasi dan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar iuran bulanan (kotler:2001).

internet mempunyai peran penting sebagai alat komunikasi untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen , komunikasi menggunkan internet lebih fleksible karena mampu memaksimalkan waktu kerja dari waktu kerja efektif yang biasanya dilakukan 6-8 jam kini bisa dilakukan secara terus menerus selama 24 jam. dengan menggunakan intenet mampu mendekatkan jarak yang jauh menjadi dekat tanpa harus bertemu secara fisik.

didalam dunia luring (luar jaringan) artinya penjualan seperti biasa, siapapun bisa sukes dalam melakukan bisnis jika menguasai 4P dalam pemasaran, yang dimaksud adalah :
  1. Product (produk)
  2. Price (harga)
  3. Promotion (promosi)
  4. Place (tempat)
jika anda mampu menerapkan 4P secara benar maka usaha anda akan berhasil dan produk/jasa yang dijual akan sesua dengan target penjualan yang telah ditetapkan.

hal yang sama berlaku juga bagi bisnis online anda tetap harus memiliki kemampuan yang cukup tentang 4P dan aplikasinya didunia daring. kemampuan merencanakan produk agar laku dipasaran juga harus anda miliki, meskipun tidak sesempurna didunia luring. berikut adalah beberapa perbedaan cara menangani 4P didunia luring dengan 4P di dunia daring.

Product (Produk)

produk yang banyak diminati masyarakat dan laku dipasaran adalah produk yang tidak hanya mementingkan fungsi tetapi juga memiliki kualitas tinggi sehingga dapat dijual dengan harga tinggi, memproduksi produk yang berkualitas tinggi haru memperhatikan sumber daya manusia,peralatan serta kemampuan pekerja yang handal. produk yang berkualitas dihasilkan melalui proses yang berkualitas pula, itulah sebabnya untuk mnciptakan produk yang berkulitas diperlukan biaya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang mempunyai kualitas standar.

Poses produksi dalam dunia daring yang menghasilkan produk berupa jasa dapat dilakukan tanpa biaya atau gratis, produk didunia daring dapat berupa informasi, menciptakan produk berupa informasi tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan bisa  gratis. menciptakan produk berupa informasi berkualitas tinggi dapat dialkukan oleh siapapun asal memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup tentang dunia daring.

Price (Harga)

Menentukan harga pada dunia daring tidak serumit pada pembuatan harga produk secara luring, dalam dunia luring penentuan sebuah harga mengalami proses yang panjang dan harus melalui perhitungan dari banyak aspek, seperti harga pokok produksi, biaya produksi, biaya sewa mesin, biaya pajak dan sebagainya. 

Dalam dunia daring penentuan pembuatan harga produk atau jasa tidak terlalu rumit, karena produk yang diciptakan adalah produk hasil karya kreatif atau biasa disebut juga dengan industri kreatif. Proses penentuan harga pada bisnis secara daring yang berkaitan dengan jasa seperti web portal yang berisi berita atau informasi-informasi, biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil bahkan bisa gratis. 

Promotion (Promosi)

promosi pada dunia luring biasanya memanfaatkan media seperti memasang iklan di televisi, radio, media cetak seperti koran ataupun majalah. sementara pada dunia daring digunakan menggunakan Search engine Optimization (SEO), serta memanfaatkan alat yang ada diinternet yang dapat didapatkan dengan mudah. implementasi promosi pada dunia luring berbeda dengan dunia daring namun teori-teori yang digunakan kurang lebih sama. adanya sentuhan teknologi informasilah yang membuat promosi pada dunia daring menjadi  sedikit berbeda.

Place (Tempat)

didunia luring lokasi perusahaan yang strategis sangat menentukan tercapai atau tidaknya target perusahaan. namun biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan tempat atau lokasi yang strategis relatif tinggi. dalam dunia daring bisa didapatkan dengan cara membayar ata membeli domain, bisa pula secara gratis berupa subdomain seperti blogspot ataupun wordpress.


implementasi bisnis pada dunia daring berbeda sekali dengan pemasaran pada dunia luring, hal ini dikarenakan memiliki kosep yang berbeda, cara dan metode membuat produk dan menetapkan harga , melakukan promosi serti memilih tempat usaha di dunia daring bersifat terukur dan terarah. terukur artinya siapapun dapat melihat dan mengecek langsung  via internet , terarah artinya ada cara yang pasti untuk melakukan semua hal tentang pemasaran. konsep inilah yang akan kita bahas pada pembahasan berikutnya.

Terimakasih.