Mengevaluasi website

cara melakukan evaluasi website, mengevaluasi website, kriteria penilaian website, parameter penialaian website

mengevaluasi website - yiisolutions


Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter sebagai acuan dalam penilaian kita.Ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website.Namun secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti : 

 Accesibility 

Accesibility adalah  bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA ?. 

Readibility 

Readibility adalah bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”. 

Speed 

Speed adalah bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses,sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut.Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs.Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik. 

Content 

Content adalah bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik,relevan,dan sesuai untuk target audien situs yang dituju. 

Technology 

Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun. Konten Manajemen Situs web ini menampilkan menu detail pada saat pengguna sudah memilih produk. Namun pada halaman detail tidak diinformasikan sedetail mungkin tentang produk yang bersangkutan. Selain itu tidak disebutkan stock produk, namun pada awal halaman produk sudah diinformasikan mengenai harga produk. 


Selain itu terdapat kriteria dalam penilaian sebuah website diantaranya adalah :
  1. Accuracy/Ketepatan.artinya halaman web dapat mencantumkan penulis dan lembaga yang menerbitkan halaman tersebut dan menyediakan cara untuk menghubunginya misalkan melalui telepon/hp/email atau akun sosial media.
  2. Authority/Wewenang. artinya halaman web harus mencantumkan latar belakang penulis dan domainnya lebih disukai (.edu, .gov, .org, atau .net), 
  3. Objectivity/Objektivitas. artinya halaman web dapat memberikan informasi yang akurat.
  4. Currency/pembaharuan. artinya halaman web selalu diperbaharui secara berkala serta memeriksa tautan (link) jangan sampai ada yang tidak berfungsi.
  5. Coverage/Cakupan. artinya mudah diakses oleh browser, tidak perlu menggunakan peralatan khusus untuk mengakses web anda.