Belajar Dasar Pemrograman PHP


Sejarah Singkat PHP


Berasal dari ketidakpuasan seorang programmer pada aplikasi saat itu, programmer tersebut bernama Rasmus Lerdorf kurang puas dengan sistem yang digunakan untuk menampung informasi pengunjung situs nya, kemudian beliau membuat sebuah antarmuka dengan bahasa PERL dan selanjutnya dikembangkan dengan menggunakan bahasa C.

Awalnya antarmuka tersebut diberi nama Personal Home Page (PHP) yang memiliki kemampuan mencatat semua informasi dari pengunjung online nya kemudian dimodifikasi agar dapat mendukung database SQL pada masa itu, pengembangan ini dinamakan dengan PHP/FI (Form Intrepreter). pengembangan terus dilakukan, dikarenakan penamaan PHP dianggap terlalu pendek maka Penamaan ditambahkan menjadi PHP Hipertext Preprosesor. sampai saat ini PHP sudah banyak digunakan oleh semua orang karena kemudahan dan keandalannya.

Tools yang dibutuhkan

untuk Belajar Dasar Pemrograman PHP kita membutuhkan beberapa software diantaranya adalah

  1. Server Apache, sebagai server untuk menjalankan aplikasi PHP
  2. PHP, sebagai bahasa pemrograman yang dapat mengeolah perintah-perintah dari aplikasi yang akan dibuat.
  3. MySQL, merupakan DBMS (Database Management System)  yang dapat kita gunakan nanti untuk melakukan penyimpanan data.
Agar mudah dalam memenuhi kebutuhan Tools diatas maka penulis sarankan untuk menginstall XAMPP yang merupakan sebuah paket software yang lumayan lengkap untuk Belajar Dasar Pemrograman PHP yang sudah memenuhi kebutuhan diatas. anda dapat download software tersebut di web resmi nya apachefirends.org silahkan download versi terbaru untuk Sistem Operasi yang anda gunakan.

Model Penulisan


Sebuah bahasa pemrograman memiliki ciri khas masing-masing yang tidak sama dengan bahasa pemrograman lainnya, khusus bahasa pemrograman PHP, model penulisan menggunakan tag php seperti berikut : <?php ... ?>  setiap akhir penulisan selalu diakhiri dengan semicolon (;)  contohnya :

<?php
    echo "Hello World";
    echo "<br/>";
    echo "Saya sedang belajar PHP";
?>

pada coding diatas terdapat beberapa perintah diantaranya :

  1. <?php ... ?> sebagai pembuka dan penutup,
  2. echo digunakan untuk mencetak sebuah teks,
  3. <br/> diugnakan untuk membuat baris baru,
  4. tanda ; (semicolon) digunakan untuk mengakhiri sebuah perintah.

untuk memberikan komentar anda dapat menggunakan tanda // tanda tersebut digunakan untuk memberikan komentar satu baris, jika ingin memberikan komentar beberapa baris dapat menggunakan simbol berikut  /*.......*/ 


PHP ON THE FLY

Maksudnya adalah bahasa pmerograman PHP tidak hanya dapat menempel pada tag HTML tetapi bisa juga sebaliknya misalnya penulisan seperti berikut :

<?php
   echo "<html>";
   echo "<head>";
   echo "<title>Belajar Dasar Pemrograman PHP</title>";
   echo "</head>";
   echo "<body>";
   echo "Hore... Sudah bisa buat Hello World";
   echo "</body>";
   echo "</html>";
?> 
Demikian Pengenalan untuk Belajar Dasar Pemrograman PHP, nantikan artikel berikutnya. Terimakasih.