Instalasi Laravel Pada Windows

Kebutuhan Lingkungan Kerja


untuk melakukan instalasi laravel kita perlu mempersiapkan lingkungan kerja, persyaratan minimal untuk instalasi laravel adalah sebagai berikut :

PHP >= 7.1.3
OpenSSL PHP Extension
PDO PHP Extension
Mbstring PHP Extension
Tokenizer PHP Extension
XML PHP Extension
Ctype PHP Extension
JSON PHP Extension.

Karena kita menggunakan windows akan lebih mudah jika menggunan XAMPP, jadi sebelum kita lanjutkan anda perlu melakukan instalasi XAMPP, pada XAMPP kebutuhan minimal tersebut sudah terpenuhi. untuk download XAMPP silahkan kunjungi halaman berikut :

https://www.apachefriends.org/download.html

Selain XAMPP kita juga perlu menginstall composer, Composer adalah sebuah project open source yang dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Project composer berada github (https://github.com/composer/composer) tercatat sejak tanggal 3 April 2011 dan masih aktif sampai sekarang. Dengan menggunakan composer kita bisa melakukan instalasi laravel versi terbaru ataupun juga memilih versi yang kita inginkan. kita dapat download composer pada halaman berikut :

https://getcomposer.org/

kita dapat mengecek hasil instalasi composer menggunakan Command Prompt yang terdapat pada windows dengan mengerikan composer,  jika berhasil akan muncul seperti gambar berikut :


Membuat Project Laravel Baru  

laravel menggunakan composer untuk melakukan instalasi,kita perlu download project laravel secara global menggunakan perintah pada Command Prompt/CMD :

composer global require "laravel/installer"

tunggu beberapa saat jika sudah selesai kita bisa langsung membuat project baru, ubah lokasi direktori pada CMD agar berada lokasi folder server biasanya folder htdocs, gunakan perintah berikut untuk melakukan instalasi baru :

composer new blog

blog adalah nama project yang kita buat, setelah selesai proses instalasi sekarang buka browser kemudian ketik pada URL

http://localhost/blog/public/

tampilan nya akan muncul seperti berikut :

Ada juga cara lain melakukan instlasi tanpa terlebih dahulu melakukan download seperti cara diatas, anda bisa memberikan perintah pada cmd seperti berikut :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

hasilnya akan sama ketika dijalankan di browser. sekian pembahasa mengenai instalasi laravel pada windows.