Pengenalan Python



Sejarah Python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di Stichting Mathematisch Centrum (CWI), Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. 

Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI di Virginia Amerika sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000, Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan sebuah perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dikeluarkan oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations.

Saat ini pengembangan Python terus dilakukan oleh sekumpulan pemrogram yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Python Software Foundation adalah sebuah organisasi non-profit yang dibentuk sebagai pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan dengan demikian mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. 

Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya karena kecintaan Guido pada acara televisi Monty Python's Flying Circus. Oleh karena itu seringkali ungkapan-ungkapan khas dari acara tersebut seringkali muncul dalam korespondensi antar pengguna Python.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman dinamis yang paling banyak digunakan. Python mendukung beragam paket, pustaka GUI, dan kerangka kerja web yang memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi lintas platform yang efisien. 

Python merupakan bahasa yang ideal untuk pengembangan aplikasi yang cepat.  Dengan tersedia nya dengan library yang kaya sehingga dapat memangkas kode program menjadi sangat ringkas.

Dalam pembahasan ini ini akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana cara untuk mengembangkan aplikasi Python yang lebih baik.  Konsep dasar akan dijelaskan dengan bantuan aplikasi commandline, yang akan dijelaskan dalam pembahasan berikutnya.

Developer Survey Results 2019

Baru - baru ini stackoverflow merelease hasil survey terhadap bahasa pemrograman yang digunakan oleh developer sepanjang tahun 2019, stackoverflow :

"Python, the fastest-growing major programming language, has risen in the ranks of programming languages in our survey yet again, edging out Java this year and standing as the second most loved language (behind Rust)." 

Keterangan diatas  menyatakan bawha bahasa pemrograman python adalah salah satu bahasa yang mengalami pertumbuhan tercepat dari survei mereka dan menggantikan java pada tahun yang lalu dimana pada tahun lalu bahasa pemrograman java menempati posisi kedua namun pada tahun ini telah tergeser menjadi posisi ke-18. 

Berikut adalah hasil survei untuk bahasa pemrograman yang paling disukai menurut stackoverflow :


Sedangkan bahasa yang paling banyak dicari Python menempati posisi pertama, berikut hasil survei stackoverflow :


Python dan Data Science

Selain mendukung terhadap pembuatan aplikasi dalam berbagai macam platform Python juga banyak digunakan digunakan untuk data science karena mudah, simple dan cepat dalam mengolah data yang sangat banyak sekalipun.

Keahlian dalam mengolah data sangat berguna bagi perusahaan - perusahaan besar, kabar gembira nya adalah ahli dalam bidang data science atau disebut juga dengan data scientist masih sedikit, sehingga peluang dalam memperoleh pekerjaan masih luas, selain itu salary untuk bidang baru ini sangat besar dan mungkin akan terus bertambah dari tahun ketahun.

Penggunaan data science meningkat tajam oleh para ahli, pada mulanya untuk mengolah data bahasa yang digunakan tahun 2016 adalah Bahasa "R", namun pada tahun 2017 dan 2018 para ahli sudah beralih menggunakan Python, salary untuk para Data Scientist rata-rata  adalah $127.918.

Itulah beberapa alasan kenapa saat ini kita harus mulai belajar bahasa pemrograman python tidak hanya untuk membangun sebuah aplikasi tetapi juga untuk  data science.

apakah anda tertarik ?