Mengenal Yii Framework

yii framework tutorial, yii framework documentation, yii3 framework, yii2 frame, yii yii, yii application, download yii,

Mengenal Yii Framework

Apa yang dimaksud dengan Yii ?

Yii merupakan sebuah framework PHP yang memiliki performa yang sangat bagus, framework ini berbasis PHP yang dapat digunakan untuk membuat web baik skala kecil ataupun besar dengan sangat profesional,cepat dan dengan tampilan yang mengagumkan.

Yii dikembangkan oleh Qiang Xue,Qiang merupakan seorang berkebangsaan Republik Rakyat Tiongkok saat ini beliau tinggal di Amerika Serikat dan bekerja disana. Qiang memulai proyek pengembangan Yii pada tahun 2006. Sebelumnya Qiang mengembangkan sebuah web framework yang bernama Prado yang merupakan sebuah framework berbasis komponen dan saat ini juga masih banyak pengguna nya namun Qiang sudah tidak menjadi Core Developer, Qiang Xue menempuh jalur akademisnya sebagai sarjana ilmu komputer (1992 - 1996) dan magister ilmu komputer (1996 - 1999) di Zhejiang University. Kemudian menyelesaikan Ph.d di bidang ilmu komputer (1999 - 2005) di Duke University.

Saat ini Yii sudah memasuki Yii2 yang lebih modern dan mendukung terhadap versi PHP terbaru, versi Yii1 telah ditulis ulang secara menyeluruh agar mengikuti perkembangan teknologi saat ini. namun Yii1 meskipun saat ini sudah tidak dikembangkan lagi tetap mensupport keamanan dalam seperti dalam web resminya :


Yii 1.1 is currently in maintenance mode.
Continued support and bug fixes for this version have been provided until December 31, 2016 .
Security fixes and PHP 7 compatibility until December 31, 2020 .

dikarenakan sudah tidak ada update terbaru maka disarankan bagi para pengguna pemula dan pengguna Yii1 agar melakukan migrasi ke Yii2.

Pengguna Yii2 :

  1. https://luya.io/
  2. https://dotplant.ru/
  3. http://easyiicms.com/
  4. https://www.99.co/id
  5. https://www.rajamobil.com/
  6. https://www.logiqids.com/
  7. https://craftcms.com/
dan masih banyak web yang lain menggunakan Yii2.

Alasan Memilih Yii

Sebagian besar pengguna khusus nya pemula menginginkan sebuah PHP framework yang mudah digunakan dan dapat membantu dalam mengembangkan sebuah aplikasi dengan cepat, berikut adalah kelebihan Yii Framework :

Panduan yang lengkap

Yii merupakan salah satu framework yang dibilang mempunyai dokumentasi sangat lengkap dari mulai dokumentasi resmi yang sudah disediakan ataupun melalui forum lokal dan iternasional sangat banyak menyajikan tutorial-tutorial yang sangat berguna.

Komunitas yang besar

Yii memiliki komunitas yang sangat besar melalui forum resmi dan grup di media sosial seperti facebook yang anda bisa cari terdiri dari komunitas nasional dan internasional. misalnya di Yii Framework indonesia saat ini jumlah anggota nya sebanyak 27.421 anggota dan Yii Internasional sebanyak 32.786 anggota.

Kode Generator Gii

GII adalah sebuah tools yang disediakan oleh YII Framework untuk membuat kode secara otomatis, cara kerja GII adalah mengenerate tabel yang sudah terkoneksi dengan database. Fitur Gii adalah mengenerate tabel kedalam bentuk model,membuat crud (create,read, update, delete), Membuat module / sub program. Tapi sebaiknya anda tidak langsung menggunakan fitur ini sebelum memahami konsep MVC pada YII karena kemungkinan akan membingungkan memahami kode program apabila anda masih seorang pemula menggunakan YII Framework.

Dengan adanya Gii tentu saja akan mempermudah pekerjaan kita ketika membuat suatu program, yang perlu dilakukan adalah modifikasi hasil generate GII dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Cara Instalasi YII2 Framework