Cara Instalasi YII2

Ada dua cara melakukan instalasi Yii framework yaitu secara online dan offline, sebelum melakukan instalasi silahkan periksa versi PHP anda dengan perintah php -version atau anda dapat mengecek nya dengan menulis scrpit php pada sebuah file kemudian masukkan perintah :


<?php

phpinfo ():

?>



Kemudian eksekusi pada browser dan lihat versi php yang anda gunakan. Untuk menggunakan Yii Framework dibutuhkan versi PHP minimal 5.6 keatas, sehingga jika anda menggunakan dibawah tersebut akan muncul banyak error.

Versi Yii2 Framework

Yii2 Framework terdapat dua jenis Template yaitu advance dan basic, kedua template tersebut mempunyai struktur yang berbeda yaitu pada template basic sudah disediakan beberapa fitur untuk login dan registrasi user langsung kedalam database serta sudah mendukung dua jenis pengguna backend dan frontend.

Modul backend pada Template Yii2 advance dapat kita buat sebagai menu admin yang dapat digunakan mengolah data yang secara khusus tidak dapat diakses oleh pengguna secara umum, sedangkan pada Modul frontend dapat digunakan untuk pengguna umum yang dapat mengakses aplikasi. Sedangkan pada template basic belum tersedia fitur tersebut, namun disarankan untuk programmer pemula menggunakan template basic terlebih dahulu agar lebih memahami struktur dan penggunaan Yii2 framework karena pada dasar nya baik Yii2 basic ataupun Yii2 advance sama saja cuma ada perbedaan yang sudah disebutkan diatas.

Instalasi YII2 basic secara Offline

Untuk melakukan instalasi Yii2 Framework basic anda hanya perlu melakukan download arsip yang ada pada web resmi yiiframework yang beralamat www.yiiframework.com kemudian pilih menu download dan pilih Yii2 basic template. Setelah download kemudian ekstrak file tersebut dan simpan di lokasi folder server, jika anda menggunakan xampp maka simpan di folder htdocs. Setelah itu akses URL nya pada browser kemudian masukan localhost/basic/web maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Instalasi YII2 basic secara Online

Untuk melakukan instalasi secara online ada software yang perlu anda install terlebih dahulu yaitu composer, Composer adalah Dependency Manager Untuk bahasa pemrograman PHP. tujuannya agar memudahkan kita menginstall aplikasi web berbasis PHP diantaranya adalah YII Framework, Aplikasi php yang bisa diinstall menggunakan conposer adalah aplikasi yang udah di simpan di http://packagist.org/ selain berguna untuk melakukan instalasi Yii2 Framework nanti dapat juga digunakan untuk menginstal extension yang sangat banyak dan berguna yang tersedia untuk pengembangan aplikasi. Anda dapat download Composer Pada url berikut :https://getcomposer.org/


Perlu diperhatikan jika Anda menginstall Yii atau apapun menggunakan composer maka dibutuhkan koneksi internet karena composer mengakses file source code aplikasi kita via internet http://packagist.org/ mungkin pertamakali anda melakukan install akan terasa agak lambat jika menggunakan composer dibandingkan dengan download arsip pada web official yiiframework. Namun sebenarnya ketika porses download menggunakan conposer sambil menyimpan kedalam sebuah folder cache, sehingga pada proses instalasi berikut nya anda tidak perlu lagi menggunakan koneksi internet, kecuali jika akan menginstal extension yang lain.

Composer berjalan di atas command prompt, jadi silahkan buka command prompt anda dan ketik dulu composer jika semuanya sudah dikonfigurasi dengan benar maka akan muncul informasi mengenai composer. Kemudian masukan perintah berikut :


untuk masuk melakukan instalasi yii2 silahkan masuk ke dalam directory htdocs dengan cara masukan perintah cmd seperti berikut :

cd C:\xampp\htdocs

kemudian  untuk melakukan instalasi yii2 masukan perintah berikut :
  
composer create-project yiisoft/yii2-app-basic basic

jika semuanya sudah benar maka proses instalasi akan berjalan seperti berikut :


jika proses instalasi sudah selesai silahkan anda coba akses menggunaka browser kesayangan anda kemudian ketik di browser : 
http://localhost/basic/web/

hasil :