Mengenal PHP Data Object

PDO (PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server. Maksud istilah “interfaceuniversal”  sehingga dapat digunakan  untuk melakukan ke dalam berbagai database,  PDO tidak terikat dengan aplikasi database tertentu.

Jika anda menggunakan database MySQL dan dikemudian hari ingin bermigrasi menggunakan PostgreSQL, kita hanya tinggal mengganti cara pemanggilan awal PDO untuk database tersebut dan seluruh kode program yang ada bisa langsung digunakan untuk database baru artinya source code untuk melakukan koneksi dan perintah yang lainnya tidak perlu diubah.

PDO merupakan pengembangan aplikasi web untuk melakukan koneksi ke database melalui koneksi yang seragam, PDO dikemas kedalam sebuah library (file .DLL) pada sistem operasi Windows dan file .SO pada sistem operasi Linux, library tersebut dibangun menggunakan bahasa C.

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows atau Linux instalasi PHP dengan PDO yang sudah aktif cukup mudah menggunakan software xampp yang dapat didownload disini software xampp merupakan kumpulan beberapa  software  diantaranya terdiri dari web server serta RDBMS MySQL/MariaDB. Anda juga dapat melakukan instalasi PHP dengan download disini   tetapi library PDO  harus diinstall secara  terpisah .

Database yang support oleh PDO 
1. DBLIB
2. Firebird
3. IBM
4. INFOMAX
5. MySQL
6. OCI
7. PostgreSQL
8. SQLite