Mengenal Paradigma OOP

PENGERTIAN OOP

Paradigma OOP (Object Oriented Programming) atau dalam bahasa indonesia disebut juga dengan Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) merupakan sebuah trend baru dalam  dunia pemrograman. pada bahasa pemrogaman PHP OOP diperkenalkan sejak Versi 3.0 sejalan dengan bahasa pemrogaman lain yang mendukung OOP diantaranya adalah JSP dan ASP.Net.

Dengan menggunakan OOP dapat memudahkan anda untuk mengembangkan aplikasi dalam skala yang besar, dengan hadirnya PHP veris 5 keatas OOP PHP telah banyak disempurnakan, ada tiga konsep penting dalam pemrograman OOP diantaranya adalah :
  1. Inheritance (Penurunan dari induknya/Parent Class).
  2. Encapsulation (Penyembunyian Detail Class).
  3. Polymorfisme (Kemampuan beberapa Objek bertipe sama bereakasi secara berbeda terhadap pesan yang sama).

 

MENDEFINISIKAN CLASS

Class merupakan deskripsi dari sebuah objek. didalam class didefinisikan property atau sifat-sifat atau nilai yang melekat dan terdapat method/function yang mengatur bagaimana objek dapat berprilaku. untuk membuat class dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa class adalah template dan objek adalah instance dari class.

contoh class :

contoh objek :

dari contoh diatas diketahui bahwa class surat telah dibuat menjadi tiga buah instance yaitu $satu,$dua,$tiga. ketiga instance inilah yang disebut dengan objek.

Beberapa hal yang mesti diketahui pada pemrogrman OOP yaitu terdapat perbedaan istilah pada pemrograman prosedural seperti variabel biasa disebut dengan properti pada OOP dan Function/Prosedur biasa disebut dengan method pada OOP, sehingga anda tidak perlu bingung dengan istilah tersebut.